Kompetensi Utama

Layanan


Nelayan Bone Dibekali Tangkap Ikan dengan Satelit
Penulis : • Media : • 15 Aug 2013 • Dibaca : 27999 x ,

TRIBUNNEWS.COM, WATAMPONE - Nelayan di Kabupaten Bone dibekali sistem informasi zona penangkapan ikan melalui satelit. Pembekalan yang diberikan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Sulsel ini digelar di gedung PGRI Bone, Kamis (15/8/2013). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota Komisi VII DPR RI Halim Kalla.

"Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi pemanfaatan hasil penelitian lapangan pada masyarakat khususnya nelayan," ungkap Penanggungjawab Penyuluhan Lapan, Arisdiyo.

Ia menyebutkan, nelayan asing telah menggunakan teknologi canggih untuk menangkap ikan. Makanya, nelayan asing yang mencari ikan hingga ke perairan Indonesia mudah menemukan zona penangkapan ikan dengan bantuan satelit.

Menurut Arisdiyo, nelayan Indonesia khususnya Bone tidak boleh ketinggalan sehingga ikan di perairan Bone bisa maksimal dinikmati oleh masyarakat Bone.

"Program yang kami tawarkan ini guna membantu nelayan mengetahui zona penangkapan ikan dengan bantuan satelit yang kemudian dicetak berupa peta lengkap dengan titik koordinat zona ikannya," jelas Arisdiyo.

Ia memaparkan, peta zona penangkapan ikan ini bisa diakses melalui situs www.Lapanrsegs.com yang akan diupdate setiap hari tanpa biaya sedikitpun. Peta yang disediakan merupakan hasil penelitian setiap hari dari satelit yang kemudian diproses menjadi informasi.

Sumber :
http://www.tribunnews.com/regional/2013/08/15/nelayan-bone-dibekali-tangkap-ikan-dengan-satelit








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL