Kompetensi Utama

Layanan


Open House Lapan: Rayakan 50 Tahun Sukses Membangun Landasan Kemandirian Iptek Kedirgantaraan Nasional
20 Nov 2013 • Dibaca : 60504 x ,

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini memungkinkan manusia melihat lebih luas ke angkasa luar. Manusia pun menemukan bahwa ternyata antariksa memiliki peran yang penting. Dengan bantuan satelit yang diorbitkan di angkasa luar, manusia dapat saling berkomunikasi jarak jauh, memantau iklim dan cuaca, serta mitigasi bencana alam. Bahkan, saat ini penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dirgantara kerap dijadikan barometer kemajuan bangsa. Karena itulah, berbagai negara mengembangkan bidang keantariksaan ini.

Indonesia, melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), saat ini juga mengembangkan program kemandirian bangsa di bidang keantariksaan. Lapan telah membangun Satelit Lapan-Tubsat yang diluncurkan ke orbit pada 2007 dari India. Tahun depan, Lapan juga akan mengorbitkan satelit buatan bangsa berikutnya, Lapan-A2 dan masih akan terus mengembangkan satelit-satelit yang lebih canggih di masa depan.

Bukan hanya satelit, Lapan juga mengembangkan teknologi dirgantara lainnya seperti roket dan UAV (pesawat tanpa awak). Roket yang dikembangkan Lapan nantinya akan menjadi cikal bakal roket pengorbit satelit dan keperluan penelitian. UAV yang dikembangkan Lapan telah dimanfaatkan untuk pemantauan kawah Gunung Merapi, pemantauan banjir di Jakarta, dan pemantauan pertumbuhan padi. UAV buatan Lapan tersebut telah mencatatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan terbang secara autonomous sejauh 200 kilometer.

Selain penelitian di bidang teknologi dirgantara, Lapan juga melakukan pengembangan di bidang penginderaan jauh serta sains antariksa dan atmosfer. Hasil litbang Lapan telah dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa di bidang ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

Seluruh hasil litbang Lapan ini akan dipertunjukan kepada generasi muda dalam acara Open House pada 26 November 2013 di Pusat Teknologi Penerbangan Lapan, Jl. Raya Sukamulya, Rumpin, Bogor. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT Lapan ke-50. Open House diharapkan dapat menginspirasi mereka untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam open house ini, Lapan akan mengundang 500 siswa SD, SMP, SMU, dan mahasiswa untuk mengunjugi fasilitas penelitian dan pengembangan pesawat, roket, dan stasiun bumi Lapan. Selain itu juga akan dipamerkan seluruh litbang Lapan di bidang penerbangan, roket, satelit, sains antariksa, sains atmosfer, dan penginderaan jauh. Para siswa juga akan diajak mengikuti kegiatan edukatif tentang antariksa antara lain lomba gambar, kuis, dan lomba debat.


Jakarta, 20 November 2013

Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Ir. Jasyanto, MM. (Hp. 081286287632)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL