Kompetensi Utama

Layanan


‘Renovasi’ Kelompok Kerja APRSAF
Penulis Berita : Ahida • Fotografer : Ahida • 06 Dec 2013 • Dibaca : 40292 x ,

Foto Bersama Anggota Excomm

Hanoi, Lapan.go.id, Selama 20 tahun “paguyuban” APRSAF berjalan dengan sangat baik dan memberikan manfaat sosio-ekonomi bagi anggotanya. Pertemuan tahunan Asia Pacific Regional Sapce Agency Forum (APRSAF) yang ke 20 telah berakhir dengan keputusan bahwa kedepan APRSAF diharapkan harus lebih banyak memberikan manfaat bagi para anggotanya. Penyelenggaraan APRSAF-20 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, dihadiri lebih dari 20 negara anggota berlangsung dari tanggal 3 hingga 6 Desember 2013 yang lalu.

Dalam pertemuan tersebut telah juga diselenggarakan kegiatan sampingan (side event) antara lain lomba roket air, lomba poster, seminar dan workhsop. Dari penyampaian country report oleh masing-masing negara anggota terlihat adanya kemajuan yang cukup signicant baik di bidang sains, pengembangan teknologi keantariksaan maupun pemanfataannya. Untuk bidang kebencanaan misalnya, saat ini Sentinel Asia sudah mencapai tahap ke 3, yang mengintegrasikan pemanfaatan satelit penginderaan jauh (earth observation), satelit komunikasi dan satelit navigasi bagi upaya penanggulangan bencana. Kalau pada dua tahap sebelumnya, Sentinel Asia lebih terfokus pada penyediaan data earth orsevation pada saat terjadinya bencana, maka pada tahap ketiga ini pemanfaatan data satelit penginderaan jauh akan digunakan untuk upaya antisipasi terjadinya bencana, pada saat terjadinya bencana , dan setelah terjadinya bencana. Dengan demikian diharapkan kehadiran Sentinel Asia lebih dirasakan manfaatnya oleh neagara-negara anggota APRSAF, terutama bagi negara yang rawan bencana seperti Indonesia.

Hanya saja sampai dengan pertemuan ke 20, peran negara Jepang dalam hal ini JAXA (Japan Space Exploration Agency) masih sangat dominan. Artinya keberlangsungan “paguyuban” APRSAF ini masih sangat ditentukan oleh komitmen JAXA, belum oleh komitmen bersama negara-negara anggotanya. Memang dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya pernah didiskusikan bagaimana seandainya kesekretariatan APRSAF tidak harus dilaksanakan oleh JAXA saja, tetapi secara bergilir oleh negara-negara anggota lainnya yang cukup maju dalam kegiatan keantariksaannya seperti India, China, Korea, maupun negara-negara Asean seperti Indonesia dan Thailand. Dengan demikian kontribusi dari negara-negara anggota akan lebih nampak yang mencerminkan adanya kepemilikan bersama dari APRSAF, tidak oleh Jepang saja yang memang sebagai penggagas APRSAF. Namun sampai dengan pertemuan ke 20 ini belum ada satu negarapun yang bersedia.

Hal penting yang juga dilakukan pada perhelatan APRSAF kali ini adalah review terhadap prinsip dasar APRSAF oleh executive committee (excomm). Excomm yang beranggotakan JAXA (Jepang), ANGKASA (Malaysia), VAST (Vietnam), LAPAN (Indonesia) dan chairmen dari ke 4 working group, meyelenggarakan pertemuan khusus pada tanggal 4 Desember 2013 dam membahas berbagai isu penting diantaranya melakukan review terhadap prinsip dasar APRSAF dan menyepakati perubahan kelompok kerja. Sampai dengan APRSAF-20 ini prinsip dasar APRSAF adalah penggunaan damai (peacefull uses) antariksa bagi kepentingan pembangunan sosio-ekonomi di kawasan Asia dan Pasifik. Kedepan diharapkan agar APRSAF dapat memberikan nilai tambah lebih bagi negara-negara anggotanya. Untuk itu Excom telah melakukan ‘renovasi’ 3 kelompok kerja APRSAF sebagai berikut: Earth Observation Working Group sejak APRSAF-21 tahun depan akan berubah menjadi Space Application Working Group, Space Environment Utilization WG akan berubah menjadi Space Exploration WG, Communication Satellite Application WG menjadi Space Technology WG. Sedangkan Space Education and Awareness Working Group tidak berubah.



Your Comments
budaya indonesia 2077 days ago
semoga dengan kegiatan-kegiatan seperti ini teknologi negara kita meningkat tidak ketinggalan..

Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL