Kompetensi Utama

Layanan


Lapan membantu Kota Bukit Tinggi
Penulis Berita : Ahida • Fotografer : Ahida • 09 Dec 2013 • Dibaca : 25210 x ,

Wali Kota Bukit Tinggi menunjukkan citra satelit Kota Bukit Tinggi yang diperoleh dari Lapan

Bukit Tinggi, Lapan.go.id - Kali ini Kota Bukit Tinggi yang mendapat giliran menjadi tuan rumah kegiatan bimbingan teknis pengolahan dan pemanfaatan data penginderaan jauh untuk mendukung pembangunan daerah. Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan,Taufik Maulana dalam sambutannya menyatakan bahwa sesuai dengan amanat Undang Undang No. 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan, Lapan berkewajiban melakukan prembinaan dan pemberian bimbingan teknis kepada kepada para pemangku kepentingan dalam pemanfaatan teknologi penginderaan jauh.

Sehubungan dengan hal tersebut sejak tanggal 9 hingga 11 Desember 2013, Lapan bekerja sama dengan Pemerintah Kota bukit Tinggi menyelenggarakan Workshop Pengolahan dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Untuk Perencanaan Wilayah,Bagi SDM Kota Bukit Tinggi. Hadir juga pada acara pembukaan tersebut Walikota Bukit Tinggi, H. Ismet Amzis, SH. Dalam sambutan pembukaannya, Ismet Amzis menyatakan bahwa dalam rangka otonomi daerah hak dan wewenang telah diberikan sepenuhnya kepada pemerintah daerah untuk mengatur sendiri pemerintahan dan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pemerintah daerah harus aktif menggali potensi daerahnya sehingga diperlukan sarana yang dapat menggambarkan kondisi riil di wlayahnya. Dengan demikian pemerintah daerah, khususnya Kota Bukit Tinggi, perlu melengkapi data geospasial yang dapat dibuat dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh. 

Selanjutkan agar keperluan tersebut dapat terpenuhi, diperlukan personil yang mampu mengolah dan mengelola data geospasial tersebut. Untuk itulah workshop ini diadakan. Diakhir sambutannya Ismet Amzis mengucapkan terima kasih kepada Lapan atas bantuannya dalam memberikan bimbingan teknis kepada personil Pemda Kota Bukit Tinggi agar mampu mengolah dan menginterpretasi citra penginderaan jauh. Diharapkan seluruh peserta workshop dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh untuk kepentingan dinasnya masing-masing.

Workshop tersebut yang diikuti oleh 26 orang peserta mewakili dinas-dinas di Kota Bukit Tinggi, diawali dengan presentasi oleh Sekretaris Daerah Kota Bukit Tinggi, Yuen Karinova yang berjudul Kebijakan Pembangunan Kota Bukit Tinggi, dan dilanjutkan dengan pemaparan tentang tugas dan fungsi Lapan beserta berbagai produk unggulannya oleh Kepala Biro Kerjasama dan Humas, Agus Hidayat. Dalam presentasinya, Yuen Karinova menekankan pentingnya informasi geospasial (peta) sebagai modal membangun Kota Bukit Tinggi, sedangkan Agus Hidayat memaparkan seluruh kegiatan penelitian, pengembangan dan prekayasaan yang dilakukan oleh Lapan beserta pemanfaatannya, khsususnya untuk mendukung pembangunan di daerah seperti Kota Bukit Tinggi.


Your Comments
blackberry 2066 days ago
worrshop yang sangat bermanfaat sekali
rhoma capres 2073 days ago
info yang super
budaya indonesia 2076 days ago
semoga teknologi ini semakin maju dan berkembang, untuk membuktikan bahwa negara yang kita cintai memiliki SDM yang tidak kalah dengan negara lain

Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL