Kompetensi Utama

Layanan


Jajaki Timur Indonesia, Lapan Uji Coba Peluncuran Roket di Pulau Morotai
Penulis Berita : Humas/JAB • Fotografer : Humas/JAB • 18 Dec 2013 • Dibaca : 17203 x ,

Kepala Lapan menekan tombol untuk meluncurkan roket

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasioanal (Lapan) melalui Konsorsium Roket Nasional melakukan uji coba peluncuran roket berdiameter 122mm-200mm di Tanjung Sangowo, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu (18/12). Sebanyak delapan buah roket berhasil meluncur ke udara di tengah rintik hujan yang mengguyur area tersebut.

Roket-roket yang diluncurkan ini merupakan kerja sama konsorsium roket nasional di bawah koordinasi Kementerian Riset dan Teknologi RI. Konsorsium ini terdiri dari Lapan, PT. Pindad, PT. Dirgantara Indonesia, PT. Dahana, PT Krakatau Steel, dan Kementerian Pertahanan.

Ketua Panitia Peluncuran Roket, Dr. Rika Andiarti menjelaskan bahwa roket-roket ini merupakan tipe roket yang sudah beberapa kali dilakukan uji peluncuran sebelumnya. “Pemilihan lokasi peluncuran di Pulau Morotai bertujuan sebagai pioneer yang diharapkan ke depan dapat dilakukan pengujian terbang roket yang lebih besar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada delapan roket yang diuji luncurkan, antara lain dua jenis roket RHAN-1210 yang mencapai jangkauan terbang 14 km, empat jenis roket RHAN-1220 dengan jarak jangkau 24 km, dan dua jenis roket RX-2020 dengan jangkauan terbang mencapai 32 km.

Sementara itu, Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana, menyampaikan, roket-roket yang diuji coba tersebut sudah sering kali dilakukan uji coba peluncuran di wilayah selatan Indonesia, tepatnya di Garut Selatan. Kali ini, Lapan menjajaki pulau Morotai untuk dijadikan lokasi uji coba peluncuran karena pulau Morotai merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang terletak di kawasan utara Indonesia bagian timur.

Selain itu, pulau Morotai juga memiliki potensi geostrategis karena berhadapan langsung dengan lautan pasifik. “Sebelumnya, kita pernah lakukan uji peluncuran di Garut selatan karena berhadapan dengan Samudera Hindia, kita coba di pulau Morotai ini karena berada di lautan Pasifik,” kata Kepala Lapan.

Selaras dengan itu, Wakil Bupati Pulau Morotai, Wenny R. Paraisu menjelaskan, pemilihan pulau Morotai sebagai lokasi uji coba peluncuran ini dapat mendukung masterplan program Percepatan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3Ei) khususnya dalam upaya mendorong peningkatan perekonomian wilayah, pengembangan sektor ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pariwisata.

Ia berharap ke depan langkah dan upaya Lapan dalam hal pengembangan peluncuran roket menjadi lebih permanen. Dan pengembangan ini dapat memberikan kontribusi baik pada peningkatan sumber daya manusia di bidang iptek kedirgantaraan khususnya masyarakat Morotai.


Your Comments
Sewa Mobil Semarang 2043 days ago
Bangga Indonesia..majulah terus dgn kreativitas..

Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL