Kompetensi Utama

Layanan


Peningkatan Fasilitas dan Infrastruktur TI untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
Penulis Berita : Humas/Fau • Fotografer : Skw • 24 Dec 2013 • Dibaca : 10353 x ,

Kepala Lapan memberikan sambutan usai meresmikan Ruang Display, Ruang NOC, dan Launching Website Lapan

Jakarta, Lapan.go.id – Kepala Lapan, Drs. Bambang S. Tejasukmana Dipl.Ing, dalam mengakhiri tahun 2013 ini kembali meresmikan beberapa fasilitas  infrastruktur TI dan peluncuran website lapan.go.id serta dokumen IT Masterplan Lapan, Jum’at (24/12). Kegiatan ini diselenggarakan  oleh Biro Kerjasama dan Humas Lapan pada tahun 2013.

Pembangunan ruang display dimaksudkan untuk mendukung tugas-tugas kehumasan Biro KSH yang menampilkan kegiatan dan produk unggulan dari seluruh satker yang ada di Lapan. Dengan sistem yang dibangun ini akan memungkinkan seluruh satker melakukan pemutahiran informasi secara jarak jauh dari lokasi satkernya masing-masing. “Ide pembangunan ruang display adalah dapat memanfaatkan ruang rapat atau ruang pertemuan yang ada di Lapan untuk dijadikan media promosi dan pembelajaran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa”, ujar Kepala Lapan pada sambutannya. Kedepan menurut beliau, tantangan bagi Biro KSH agar mewujudkan ruang display di Balai Pertemuan Dirgantara (BPD), Kantor Lapan Pusat. 

Renovasi dan penyempurnaan ruang server/ ruang NOC dan penyusunan IT Masterplan Lapan dalam rangka penguatan kapasitas Biro KSH sebagai pengelola IT untuk seluruh Lapan. Dalam laporannya, Kepala Biro KSH, Ir. Agus Hidayat, M.Sc menyampaikan bahwa sesuai arahan Bapak Kepala Lapan pada saat melantik, bahwa Biro KSH menjadi satu-satunya pengelola IT yang dapat melayani kepentingan seluruh satker yang ada Lapan, “ Biro KSH berupaya berbenah diri diantaranya dengan melakukan renovasi dan penyempurnaan ruang server serta penyusunan IT Masterplan Lapan untuk lima tahun kedepan”, tegasnya. 

Dengan dilakukannya pembaruan terhadap tampilan web lapan.go.id, berbagai tantangan juga harus Biro KSH hadapi, yakni salah satunya dengan senantiasa melakukan pemutahiran informasi yang ada didalamnya serta senantiasa tanggap terhadap aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui web lapan tersebut. Berbagai fasilitas yang tidak ditemui pada website lapan sebelumnya adalah tampilan yang interaktif dengan pembacanya, masyarakat dapat dilibatkan secara aktif dan berkomentar terhadap informasi yang disajikan pada laman website tersebut. Disamping itu, tampilan website dapat disesuaikan dengan media/perangkat yang pengguna gunakan tanpa merubah tampilannya.

Kepala Lapan juga kembali menegaskan bahwa pada pengelolaan IT yang ada saat ini terjadi banyak peningkatan, “perangkat fiber optic (FO) telah terpasang diseluruh satker, kecepatan transfer masuk dan keluar data sangat terasa pada pengelolaan yang sekarang”. Beliau juga melanjutkan bahwa peran infrastruktur IT sangat menentukan dalam operasionalisasi kegiatan Lapan yang harus dikembangkan kedepannya, sehingga mendukung komunikasi yang ada di Lapan dan seluruh sistem yang dibangun seperti e-asip, e-takah, dan sistem-sistem pengembangan lainnya dapat berjalan dengan sempurna.

Mengakhiri kegiatan ini, Kepala Lapan berkenan untuk menandatangani 2 (dua) prasasti peresmian ruang Display dan Ruang NOC serta menerima dokumen IT Masterplan Lapan dari Kepala Biro KSH, kemudian bersama rombongan pejabat eselon I dan II Lapan beserta tamu undangan diajak untuk mengunjungi ruang display dan ruang NOC kantor Lapan Pusat.


Your Comments
Agus HIdayat 2181 days ago
Great job guys. Bravo IT gang. Congratulation.

Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL