Kompetensi Utama

Layanan


Demi Nonton Roket, Warga Morotai Rela Kehujanan
Penulis : Anton Abdul Karim • Media : Kompas.com • 18 Dec 2013 • Dibaca : 11844 x ,

MOROTAI, KOMPAS.com — Ribuan warga di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, berbondong-bondong menyaksikan uji coba peluncuran roket oleh Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) RI di Desa Sangowo, Kecamatan Morotai Timur, Rabu (18/12/2013).

Warga rela kehujanan demi melihat acara itu karena mereka belum pernah melihat roket yang sesungguhnya. "Saya sudah dua hari ini ingin sekali melihat peluncuran roket karena selama ini kami hanya melihat roket itu melalui televisi saja. Tapi sekarang ternyata di Morotai juga ada roket," celoteh Bayan Mahmud (41), warga Morotai, kepada Kompas.com di lokasi peluncuran roket.

Warga lainnya, Azis Safi (50), bahkan sangat beruntung karena panitia menunjuknya mewakili tokoh masyarakat untuk menekan tombol peluncuran roket.

Ada delapan roket dalam uji coba peluncuran. Sejumlah pejabat, baik pusat maupun daerah, ditunjuk bergiliran untuk menekan tombol peluncuran roket tersebut. Salah satu di antaranya adalah wakil dari tokoh masyarakat yang turut menyaksikan kegiatan peluncuran roket.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, ribuan warga memadati lokasi peluncuran roket di seputar Desa Sangowo, Kecamatan Morotai Timur. Mereka ini datang dari berbagai penjuru Pulau Morotai. Ada dari Kecamatan Morotai Timur, Morotai Utara, Morotai Selatan, bahkan ada pula dari Morotai Selatan Barat.

Warga mendatangi lokasi peluncuran roket menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Bahkan, ada beberapa mobil truk tampak bolak-balik mengantarkan warga ke lokasi kegiatan.

"Kami dari Morotai Selatan Barat. Kami ke sini pakai sepeda motor. Pas di jalan tadi ada hujan, tapi kami tetap ke sini mau lihat peluncuran roket. Ada beberapa teman kami juga pakai motor, tapi mereka tidak sanggup sampai ke sini karena kehujanan di jalan," kisah Naim (41).

Saking banyaknya warga yang berdatangan, beberapa warga di antaranya bahkan memanfaatkan momentum itu untuk mengais rezeki. Ada beberapa tenda darurat yang dibangun warga di sekitar lokasi peluncuran roket untuk berjualan, seperti makanan ringan dan rokok.

Seusai menyaksikan peluncuran roket, warga lalu menyerbu mobil peluncur roket dan berfoto di sekitarnya. Mereka saling berdesakan menunggu giliran memotret bersama. Warga mengaku puas menyaksikan uji coba peluncuran roket oleh tim Lapan, meski harus menyaksikannya dari kejauhan.

Tim keamanan peluncuran roket membatasi pengunjung yang menyaksikan peluncuran roket lebih kurang 100-200 meter dari titik koordinat. Di lokasi itu, ada pula tenda VIP yang dibangun oleh Pemkab Pulau Morotai.

Tampak sejumlah pejabat dari Kementerian Pertahanan, termasuk Kepala Lapan Bambang Tejasukmana, menyaksikan kegiatan tersebut. Ada pula sejumlah kepala daerah seperti Wakil Bupati Pulau Morotai Wenny R Paraisu, Wakil Bupati Halmahera Utara Rusman Soleman, serta jajaran unsur muspida setempat.

Sumber :
http://regional.kompas.com/read/2013/12/18/1418449/Demi.Nonton.Roket.Warga.Morotai.Rela.Kehujanan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL