Kompetensi Utama

Layanan


HUT ke-51, Lapan Undang Masyarakat Belajar Iptek Penerbangan dan Antariksa
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/Sgd • 28 Nov 2014 • Dibaca : 182813 x ,

Kegiatan edukasi keantariksaan dalam open house Lapan

Lapan menyelenggarakan One Day Public Open House di Pusat Teknologi Penerbangan Lapan, Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/11). Kegiatan yang merupakan rangkaian HUT Lapan ke-51 ini bertujuan untuk memperkenalkan hasil litbang Lapan kepada masyarakat sekaligus mempromosikan ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa kepada generasi muda.

Open House Lapan ini terbuka bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Dalam kegiatan ini, pengunjung dapat melihat teknologi terbaru Lapan di bidang penerbangan. Lapan memperlihatkan pesawat N219. Pengunjung dapat merasakan kabin pesawat yang rencananya akan selesai dibangun pada 2015.

Pengunjung juga menyaksikan pesawat LSA milik Lapan dan pesawat tanpa awak (UAV) buatan Lapan. Kedua jenis pesawat ini dapat digunakan untuk pemantauan wilayah Indonesia dan dimanfaatkan untuk pengembangan kemaritiman nasional.

Dalam Open House tersebut, pengunjung juga dapat belajar mengenai sains atmosfer dari mobil radar milik Lapan dan belajar cara mengetahui kejadian cuaca ekstrem melalui aplikasi berbasis satelit Satellite Disaster Early Warning System (SADEWA). Pengunjung juga dapat mencoba mengamati matahari dengan menggunakan teleskop matahari. Mereka juga memperoleh berbagai penjelasan mengenai fenomena antariksa dari peneliti Lapan dan menikmati simulasi angkasa luar melalui mini planetarium.

Selain itu, Lapan juga memperlihatkan berbagai roket yang telah dikembangkan. Pengembangan roket ini merupakan upaya Lapan untuk mewujudkan roket pengorbit satelit. Untuk bidang satelit, Lapan telah berhasil mengembangkan satelit mikro. Di open house tersebut, Lapan menampilkan satelit Lapan-Tubsat dan Lapan A2.

Dalam pameran open house tersebut, pengunjung juga dapat belajar mengenai penginderaan jauh. Pengunjung belajar sistem penerimaan data satelit penginderaan jauh yang diperoleh stasiun bumi. Data tersebut kemudian diolah untuk berbagai kebutuhan seperti informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan, perencanaan tata ruang kelautan misalnya untuk pembangunan pelabuhan dan jalur transportasi laut, dan pemantauan pulau-pulau terluar. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar praktik penggunaan GPS dan memperoleh pengetahuan mengenai cara kerja GPS.

Bagi pengunjung anak-anak, Lapan menyediakan berbagai pagelaran edukasi keantariksaan. Anak-anak diajak memahami sains atmosfer melalui percobaan-percobaan. Dalam kegiatan tersebut, anak-anak dapat belajar sains sambil bermain. Siswa TK dan SD dapat membaca berbagai ensiklopedia di perpustakaan mini yang tersedia di pameran. Mereka juga dikenalkan dengan teknologi antariksa dengan cara mewarnai gambar-gambar bertema antariksa. Anak-anak juga dapat mengenal ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa melalui permainan ular tangga raksasa yang tiap kolomnya memuat berbagai gambar dan fakta mengenai antariksa dan hasil litbang Lapan.

Untuk siswa SMP, dalam open house tersebut, Lapan juga mengadakan workshop pembuatan roket air. Mereka belajar membuat roket air dari botol minuman berkarbonasi dan air mineral. Setelah membuat roket tersebut, mereka meluncurkannya bersama-sama.
Selain pameran, dalam open house ini, para pelajar SMU dan mahasiswa juga mengunjungi laboratorium Lapan. Mereka mengunjungi stasiun bumi penerima data satelit, terowongan angin, laboratorium aerostruktur, dan laboratorium avionik. Usai mengunjungi open house ini, pengunjung dapat berfoto bergaya astronaut dan membawa pulang hasil foto tersebut sebagai suvenir.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL