Kompetensi Utama

Layanan


Mahasiswa dan Profesional Muda Asia Pasifik Bahas Antariksa
Penulis Berita : Humas/Happy • Fotografer : Humas/Happy • 01 Dec 2014 • Dibaca : 14345 x ,

Peserta dari berbagai negara mengikuti AP-SGW.

Lapan mengikuti Asia-Pacific Regional Space Generation Workshop (AP-SGW). Kegiatan ini berlangsung pada 29-30 November 2014 di Keio University, Yokohama, Jepang. Workshop berskala regional yang pertama kali tersebut dilaksanakan oleh Space Generation Advisory Council (SGAC).

SGAC merupakan organisasi dan jaringan global non-pemerintah yang bertujuan untuk mewakili mahasiswa dan profesional muda pada wadah PBB, lembaga dan organisasi antariksa, industri, serta akademisi. SGAC telah memiliki status observer (peninjau) tetap di UN Committee on the Peaceful Uses of Outer Space (UNCOPUOS).

Fokus SGAC yaitu memberikan masukan secara pragmatis mengenai kebijakan antariksa kepada pembuat kebijakan berdasarkan keinginan para jaringan professional muda dan akademisi dari seluruh dunia. Terkait hal tersebut, SGAC mengadakan konferensi tahunan Space Generation Congress (SGC), bersamaan dengan International Astronautical Congress (IAC) guna menjaring aspirasi dan berdiskusi mengenai isu-isu penting antariksa.

The 1st AP-SGW tersebut membahas tema Pendekatan untuk Mempromosikan Kerjasama Regional Asia Pasifik di Bidang Antariksa dari Sudut Pandang Generasi Berikutnya. Workshop diikuti 48 peserta yang berasal dari berbagai negara di Asia Pasifik, antara lain Jepang, Indonesia, Malaysia, Thailand, Kazahktan, China, Nepal, Korea Selatan, dan Vietnam. Selain itu, terdapat pula peserta dari luar Asia Pasifik, yaitu Brasil dan Arab Saudi. Pada kegiatan ini, Indonesia diwakili oleh staf Kerjasama Internasional Lapan, Happy Rumiris Simanungkalit.

Dalam kegiatan ini, peserta dibagi menjadi empat working group (WG). Keempat WG ini membahas kecenderungan perkembangan kerja sama regional di Asia Pasifik. WG Pertama berdikusi mengenai aspek agensi, WG Kedua membahas sisi ekonomi, WG Ketiga dari segi teknologi, dan WG Keempat dari segi sosialisasi. Sebagai pendukung diskusi, Workshop ini mengundang para pembicara antara lain dari JAXA, UNOOSA, Asian Development Bank Institute, Keio University, Kobe University, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga dan Iptek Jepang.

Hasil workshop ini akan dilaporkan secara tertulis ke SGAC. Nantinya, AP-SGW diharapkan akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan dapat menjaring lebih banyak generasi muda yang peduli dan mengambil peran dalam perkembangan kerja sama regional di bidang keantariksaan. Kegiatan ini sekaligus diharapkan dapat memperluas jaringan internasionalnya.

Rencananya, AP-SGW kedua akan dilaksanakan sebagai side event dari APRSAF ke-22 yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia. Dalam APRSAF ke-22 tersebut, Lapan akan menjadi tuan rumah.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL