Kompetensi Utama

Layanan


Dewan Penerbangan Nasional RI Tentukan Arah Keantariksaan Indonesia 25 Tahun
08 Dec 2014 • Dibaca : 37926 x ,

Saat ini, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan dan antariksa sangat penting bagi suatu bangsa. Berbagai negara mulai dari yang maju hingga yang berkembang berusaha mencapai kemandirian di bidang bergengsi tersebut. Tak terkecuali India, negara berkembang ini bahkan telah menjadi satu-satunya negara di Asia yang sukses memasuki orbit Mars.

Keberhasilan berbagai negara dalam bidang keantariksaannya tersebut tidak dibangun dengan singkat. Diperlukan rencana dan program jangka panjang untuk mewujudkan penguasaan teknologi di bidang penerbangan dan antariksa. Perencanaan ini kemudian diikuti dengan kebijakan yang konsisten dari pemerintah terhadap rencana yang telah disusun tersebut.

Menyadari pentingnya penguasaan bidang tersebut, kini Indonesia berupaya menyusun rencana induk keantariksaan sebagai landasan dalam penyelenggaraan keantariksaan nasional. Hal ini sesuai dengan mandat Undang-undang No. 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan.

Rencana induk keantariksaan ini bertujuan untuk mendukung visi pembangunan Indonesia. Visi tersebut yaitu Mewujudkan Masyarakat Indonesia yang Mandiri, Maju, Adil, dan Makmur. Rencana induk keantariksaan ini disusun sesuai dengan target tahapan pembangunan nasional yang tertuang dalam rencana jangka panjang menengah tahap ketiga yakni untuk memantapkan pembangunan secara menyeluruh dengan menekankan pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian berbasis sumber daya alam.

Nantinya, rencana induk keantariksaan ini akan mendukung upaya percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia. Kegiatan keantariksaan ini pun diharapkan dapat mendukung percepatan dan perluasan pembangunan Indonesia. Dukungan tersebut yaitu dalam pengembangan potensi ekonomi, penguatan konektivitas nasional, dan penguatan kemampuan sumber daya manusia serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

Guna menyusun rencana induk keantariksaan hingga jangka waktu 25 tahun tersebut, Lapan selaku sekretaris Dewan Penerbangan dan Antariksa Nasional Republik Indonesia (Depanri) akan melaksanakan seminar. Kegiatan ini akan menggali masukan dan informasi untuk mempercepat penguasaan teknologi keantariksaan secara nasional yang terintegrasi, berkelanjutan, dan mandiri. Dalam seminar ini akan ditentukan arah penyelenggaraan keantariksaan Indonesia termasuk untuk bidang teknologi roket, satelit, dan aeronautika.

Seminar akan berlangsung pada Rabu, 10 Desember 2014 di Auditorium BPPT, Gedung BPPT Lt. 3, Jl. MH Thamrin, No. 8 Jakarta Pusat. Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi serta Kepala Lapan. Kegiatan ini akan diikuti oleh para pelaku keantariksaan nasional.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL