Kompetensi Utama

Layanan


Pusat Teknologi Penerbangan : Inilah hasil penelitian Lapan soal keantariksaan nasional
Penulis : Mohammad Ridwan • Media : Lensaindonesia.com • 28 Nov 2014 • Dibaca : 52805 x ,

LENSAINDONESIA: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menggelar public open house bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin mengetahui hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan lembaga yang berdiri sejak tahun 1963 ini.

Ir.Jasyanto selaku kepala bagian hubungan masyarakat Lapan mengatakan kegiatan open house ini merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun Lapan dan sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat rencana induk keantariksaan nasional.


“Masyarakat dapat mengikuti tur edukasi ke laboratoriumuji pesawat terbang dan stasiun bumi, mengikuti workshop roket air dan uji cobasederhana mengenai sains antariksa,” ujar Jasyanto kepada Lensaindonesia.com di Kantor Pusat Teknologi Penerbangan Lapan di Cisauk, Tangerang, Kamis (27/11/2014).

Berbagai hasil penelitian dan pengembangan Lapan dapat dilihat langsung masyarakat, seperti di bidang penerbangan dapat menyaksikan pesawat N219 untuk kebutuhan transportasi di pulau-pulau kecil nusantara. Dibidang teknologi satelit, masyarakat dapat menyaksikan satelit Lapan A-2 yang memiliki muatan automatic identification system (AIS) yang mampu mengindentikasikan ribuan kapal di perairan Indonesia, dan dapat menyaksikan satelit Sadewa (satelit early warning system) untuk kebutuhan informasi cuacaekstrem yang dapat bermanfaat bagi aktifitas di laut.

“Kami juga memiliki data satelit penginderaan jauh yangberguna untuk menentukan zona potensi pemanfaatan ikan sehingga mempermudah para nelayan Indonesia mencari ikan di laut, dan mempermudah aparat keamanan dalam pemantauan laut dan wilayah pesisir serta pengawasan pulau-pulau terluar,” jelas Jasyanto.

Sumber :
http://www.lensaindonesia.com/2014/11/28/inilah-hasil-penelitian-lembaga-penelitian-dan-antariksa-nasional.html








Related Posts
Genjot Produktivitas Kelautan, Pemda Gandeng Lapan
12 Feb 2015
YOGYA (KRjogja.com) - Potensi kelautan khususnya perikanan tangkap di DIY baru dimanfaatkan 50 persen, sedangkan setengahnya masih belum dioptimalkan. Guna menggenjot produktivitas nelayan dan memperkuat maritim DIY sesuai visinya menuju…
Kerja sama DIY-Lapan diharapkan tingkatkan pendapatan nelayan
12 Feb 2015
(Antara Jogja) - Kerja sama antara Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional diharapkan dapat meningkatkan pendapatan nelayan di daerah tersebut. "Kami berharap kerja sama itu dapat…

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL