Kompetensi Utama

Layanan


Ekspose Hasil Litbang Lapan di Kutai Timur, Kutai Timur Siap Manfaatkan Data Inderaja untuk Berbagai Sektor
Penulis Berita : Kersada/And • Fotografer : Kersada/And • 09 Dec 2014 • Dibaca : 56449 x ,

Selasa (09/12), Bertempat di Kantor Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, Lapan melakukan ekspose hasil penelitian dan pengembangan serta pemanfaatannya di hadapan aparat Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Kutai Timur, Isran Noor. ini dihadiri para pelaksana Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Kabupaten Kutai Timur. Kesempatan kegiatan ini menjadi sarana SKPD Kutai Timur untuk menginventarisir kebutuhan dalam upaya perintisan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dengan Lapan.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Dinas Perkebunan Kutai Timur sebagai tindak lanjut dari pertemuan-pertemuan yang sudah dibina sebelumnya sepanjang tahun 2014 untuk rencana pembimbingan dan pembinaan dalam pengolahan dan pemanfaatan data dan informasi penginderaan jauh yang dapat digunakan untuk pemantauan dan pengembangan potensi wilayah perkebunan yang sebagian besar meliputi perkebunan kelapa sawit.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur, H. Akhmadi Baharuddin, “Kutai Timur sangat kental dengan pembagian wilayah laut dan wilayah darat yang belum secara maksimal tergali potensinya untuk pembangunan daerah. Untuk itu, dengan cara menggandeng Lapan, kami berharap Lapan dapat berkontribusi untuk memberdayakan sumber daya manusia yang berkapasitas unggul untuk mengelola sumber daya alam di wilayah Kutai Timur ini.”

Kebutuhan tersebut terjawab dengan pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Agus Hidayat. “Lapan mempunyai bank data penginderaan jauh mulai dari resolusi rendah, menengah, sampai dengan resolusi tinggi berdasarkan lisensi pemerintah yang dapat dimanfaatkan oleh instansi pemerintah di Indonesia, sesuai dengan peruntukan kebutuhannya,” jelasnya. Dengan data dan informasi tersebut, pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Kutai Timur dapat memanfaatkannya untuk mendukung pengelolaan sumber daya di sektor perkebunan, kehutanan, pertanian, luasan lahan, kelautan, perikanan, pertambangan, pengamatan vegetasi, pemetaan kawasan perkotaan, dan sebagainya.” Di mana, data tersebut diperoleh dari penerimaan data satelit penginderaan jauh Lapan yang dioperasikan di stasiun bumi yang berlokasi di Parepare, Rumpin, dan Pekayon.

“Data yang tersedia di Bank Data Lapan dapat dimanfaatkan secara gratis, namun tentunya berdasarkan mekanisme pemanfaatan data penginderaan jauh sebagaimana diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2012 tentang penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas penggunaan dan distribusi data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dan UU Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan,” imbuhnya. Sampai dengan tahun 2014, Lapan telah melayani sejumlah instansi pemerintah baik instansi pusat, pemerintah daerah, maupun perguruan tinggi untuk mendukung perencanaan pembangunan terkait.

Untuk memberikan gambaran, Ia memberikan contoh aplikasi data penginderaan jauh yang dimanfaatkan di antaranya untuk perubahan tutupan lahan hutan dalam beberapa periode, indentifikasi fase tanaman padi, identifikasi obyek untuk tata ruang, perubahan peta pulau-pulau kecil, pemantauan suhu permukaan laut, zona potensi penangkapan ikan, identifikasi wilayah pesisir, pemantauan titik panas dan kabut asap, dan manfaat lainnya.

Agus juga menyampaikan potensi Lapan di bidang-bidang lainnya, yaitu teknologi sains antariksa, program pengembangan roket pengorbit satelit, Lapan Surveillance UAV (LSU) dan Lapan Surveillance Aircraft (LSA), untuk pemantauan lahan, gunung berapi, untuk membuka wawasan potensi kerja sama yang dapat dikembangkan lagi.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL