Kompetensi Utama

Layanan


Minim Anggaran, Indonesia Sulit Kirim Astronot ke Luar Angkasa
Penulis : amr • Media : okezone.com • 10 Dec 2014 • Dibaca : 42792 x ,

JAKARTA – Negara tetangga di kawasan Asia bergerak cepat mengembangkan berbagai inovasi dan capaian dalam bidang antariksa. Jika India bisa meluncurkan pesawat antariksa menuju Mars dan Malaysia mengirimkan astronot pertamanya keluar angkasa, lalu bagaimana dengan Indonesia?

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, mengatakan Indonesia belum memiliki fokus ke arah sana. Menurutnya saat ini lebih baik pemerintah fokus terhadap prioritas untuk menyelesaikan berbagai program seperti pembuatan satelit dan lainnya.

Thomas menambahkan, Indonesia bukan tidak mampu mengirimkan astronot ke luar angkasa. Hanya saja anggarannya yang belum memadai.

“Kita bisa saja mengirimkan astronot, sumber daya manusia kita mampu. Hanya anggarannya saja yang belum mencukupi,” ucap Thomas dalam konferensi pers Seminar Nasional Penerbangan dan Antariksa yang digelar di BPPT, Jakarta, Rabu (10/12/2014)

Senada dengan Thomas, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir mengatakan pemerintah memang sedang fokus menghemat anggaran di berbagai sektor. Anggaran yang dihemat itu, nantinya akan disalurkan untuk berbagai keperluan lain untuk pembangunan.

Namun meski Indonesia belum memiliki prioritas untuk menelusuri luar angkasa, Sambung Thomas, Lapan tetap bergabung dengan komunitas international antariksa atau bekerjasama dengan badan antariksa dari berbagai negara, seperti forum Asia Pasific Regional Space Agency. Forum ini biasanya membahas mengenai misi dan eksplorasi antar planet.(amr)

sumber:

http://techno.okezone.com/read/2014/12/10/56/1077359/minim-anggaran-indonesia-sulit-kirim-astronot-ke-luar-angkasa









Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL