Kompetensi Utama

Layanan


Indonesia Unggul di Bidang Penerbangan dan Antariksa
Penulis : Satrio Wicaksono • Media : Suaramerdeka.com • 11 Dec 2014 • Dibaca : 39447 x ,

JAKARTA, suaramerdeka.com - Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan di bidang teknologi penerbangan dan antariksa, di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, Indonesia sering dijadikan sebagai mitra strategis oleh negara-negara di Asia Tenggara.

“Posisi perkembangan teknologi penerbangan dan antariksa di Indonesia masih unggul. Baahkan Tiongkok dan Jepang menjadikan Indonesia sebagai mitra straregis,” ujar Thomas, saat seminar nasional Penerbangan dan Antariksa 2014, di Gedung BPPT, Jakarta.

Bahkan, dituturkan, beberapa waktu lalu dirinya menghadiri pertemuan badan antariksa se-Asia Pasifik. “Disela-sela acara itu, kita undang oleh badan antariksa Jepang untuk melakukan pertemuan khusus bilateral. Indonesia dianggap mitra strategis karena Indonesia memiliki keunggulan,” ujarnya.

Dikatakan, untuk bidang sains antariksa, Indonesia bisa dikatakan sebagai pelopor. Selain itu, Indonesia juga telah memiliki industri penerbangan. “Ini tergolong maju,” imbuhnya.

Terkait dengan pengembangan satelit, sambung Thomas, Indonesia sudah bisa disandingkan dengan Malaysia dan Singapura. “LAPAN sudah punya kemampuan khusus untuk pengembangan satelit mikro, tahun depan akan diluncurkan,” ungkapnya.

Soal pengembangan roket, lanjut dia, Indonesia juga telah unggul dibanding dengan negara-negara lain di Asia Tenggara. “Belum ada di Asia Tenggara yang mengembangkan roket,” akunya.

Ditegaskan, dari sisi kebijakan, Indonesia sudah memiliki Undang-Undang Keantariksaan. “Sementara di Jepang baru akan ada tahun 2016,” kata Thomas.

Sumber :
http://berita.suaramerdeka.com/indonesia-unggul-di-bidang-penerbangan-dan-antariksa/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL