Kompetensi Utama

Layanan


LIPI – LAPAN Kerja Sama Teknologi Kedirgantaraan
Penulis : Humas LIPI • Media : lipi.go.id • 24 Dec 2014 • Dibaca : 52327 x ,

(Jakarta – Humas LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjalin kerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam bidang penelitian dan pengembangan teknologi kedirgantaraan.

Hal ini tertuang dalam Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Kepala LIPI Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain dengan Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin pada Senin (22/12) lalu di Kantor LIPI Pusat Jakarta.

Pada saat yang sama, kedua belah pihak melalui Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat LAPAN dan Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2 SMTP) LIPI menandatangani pula perjanjian kerja sama implementasi teknis untuk pelaksanaan kerja sama kedua institusi.

Secara umum, ruang lingkup kerja sama antara LIPI dengan LAPAN meliputi lima hal. Pertama bidang penelitian, pengembangan, perekayasaan, pengkajian dan pemanfaatan teknologi kedirgantaraan yang meliputi teknologi penerbangan, roket, satelit, penginderaan jauh, sains antariksa, sains atmosfer dan kebijakan keantariksaan.

Kedua adalah pertukaran data dan informasi iptek, tenaga ahli, serta penyediaan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk mendukung kegiatan yang disepakati bersama.

Ketiga yakni kerja sama dalam peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia. Dan, keempat adalah diseminasi dan publikasi ilmiah.Untuk kesepakatan terakhir atau kelima yaitu kerja sama di bidang lain yang dipandang perlu dan disepakati kedua belah pihak.

Dukung LAPAN

Kepala LIPI menyambut baik kerja sama yang terjalin antara kedua institusi. Dirinya pun mendukung upaya LAPAN yang tengah mengembangkan satelit nasional untuk penginderaan jauh dengan kapasitas dan daya jangkau yang luas yakni LAPAN A2 dan LAPAN A3.

Menurut Iskandar, sinergi dan pemanfaatan sumber-sumber kemampuan dan potensi yang dimiliki baik oleh LIPI maupun LAPAN akan menjadi sumbangsih nyata bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“LIPI melalui P2 SMTP sudah memiliki fasilitas pengujian vibrasi dan Electromagnetic Compatibility (EMC) yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan satelit LAPAN, meskipun alat ukur yang dimiliki bukan lingkup satelit. Akan tetapi, fasilitas dasar seperti chamber untuk EMC dapat digunakan dalam lingkup yang lebih luas,” jelasnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin mengungkapkan bahwa kepentingan pengembangan satelit sangat perlu diperluas untuk penelitian dan perekayasaan. Untuk itu, lembaga penelitian satu dengan lembaga lainnya perlu saling tukar menukar informasi dan kajian kebijakan. “Semoga dengan kerja sama LAPAN dengan LIPI mampu mewujudkan satelit nasional yang lebih baik,” tutupnya. (dn)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL