Kompetensi Utama

Layanan


Pengadaan Elektronik Tingkatkan Layanan Publik
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Jab • 06 Jan 2014 • Dibaca : 5755 x ,

Pemaparan oleh Nara Sumber dari LKPP

Lapan menyelenggarakan sosialisasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP). Kegiatan ini berlangsung di Balai Pertemuan Dirgantara Lapan, Rawamangun, Jakarta, Senin (6/1). 

Kepala Biro Kerjasama dan Humas Lapan, Agus Hidayat, saat membuka acara mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dalam melaksanakan e-procurement. Hal ini tentunya untuk mendukung Layanan Pengadaan secara Elektronik (LPSE) Lapan yang dibentuk tahun lalu.

Kasubdit Pengelola dan Pembinaan LPSE, Slamet Budiharto, saat memberikan materi, menjelaskan bahwa berdasarkan Inpres No. 2 Tahun 2013, instansi pemerintah didorong untuk melakukan pengadaan barang dan jasa sepenuhnya secara elektronik.
Ia menjelaskan bahwa e-procurement terdiri dari tiga jenis yaitu e-auction, e-catalogue, dan e-tender. Untuk lelang secara elektronik tahapannya meliputi verifikasi, pengumumam, dan pelelangan.

Rencana Umum Pengadaan (RUP) memiliki berbagai tujuan. Kasubdit Pengadaan LKPP, Reflus, mengatakan bahwa RUP bertujuan untuk meningkatkan peluang bisnis bagi masyarakat. Selain itu, dengan adanya perencanaan, dapat diketahui waktu mulai dan berakhirnya proses lelang. Perencanaan juga menjadi unsur pengendalian dalam proses pengadaan barang dan jasa.

SIRUP merupakan aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk mengumumkan RUP. Aplikasi ini juga bermanfaat sebagai sarana komunikasi untuk meningkatkan layanan publik, sehingga masyarakat mudah dalam mengakses informasi mengenai pengadaan barang dan jasa.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL