Kompetensi Utama

Layanan


Partisipasi Lapan pada Pameran Alpalhan 2014
Penulis Berita : Humas/Yudho • Fotografer : Humas/Irwan • 13 Jan 2014 • Dibaca : 45662 x ,

Menhan Purnomo Yusgiantoro (tengah) berkunjung ke stan Lapan dan mendapat penjelasan dari Peneliti Lapan, Unggul Satrio (kedua dari kanan)

Lapan.go.id, Rabu, (08/01), Mabes TNI menyelenggarakan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI 2014 dengan tema : “Kita mantapkan profesionalitas TNI dalam menjaga stabilitas kedaulatan dan keutuhan NKRI". Kegiatan Rapim TNI diselenggarakan selama empat hari mulai tanggal 8, 9, 10 dan 13 Januari 2014, yang dibuka oleh Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko di Aula Gatot Subroto, Mabes TNI, Cilangkap dan diikuti oleh 229 Pejabat jajaran Mabes TNI dan Mabes Angkatan. Dalam sambutannya Panglima TNI menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai sarana komunikasi, bertukar informasi para Pimpinan agar dicapai satu kesatuan, tindakan serta evaluasi program kerja dan kinerja organisasi TNI. Selain itu, Rapim ini juga diarahkan untuk membangun kesatuan persepsi para Pimpinan TNI, sehingga pelaksanaan tugas TNI tahun 2014 dapat berjalan sesuai arah kebijakan pimpinan dan dapat mencapai hasil yang optimal, kata Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul. Bersamaan dengan kegiatan Rapim TNI, juga diselenggarakan kegiatan Pameran Alpalhan yang dilaksanakan di Lapangan Apel Gedung B-3 Mabes TNI Cilangkap – Jakarta Timur.

Setelah acara pembukaan resmi Rapim TNI, dilakukan acara peninjauan stan pameran yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Bapak Purnomo Yusgiantoro dan didampingi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Budiman, Kepala Staf AL Laksamana TNI Soeparno dan Kepala Staf AU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia serta Kepala Subbag PSIK Faulina, S.T. beserta undangan lainnya. Kegiatan Pameran Alpalhan dilaksanakan dari tanggal 8 – 10 Januari 2014 dan tema kegiatan pameran adalah : “Pameran Alpalhan Produk Dalam Negeri”. Peserta pameran ini adalah beberapa Lembaga litbang pada Kementerian Pertahanan, LPNK, BUMNIP, dan Industri/Swasta yang jumlah seluruhnya, yaitu : 40 Kontributor pameran. 

Lapan pada kegiatan pameran ini menampilkan materi hasil litbang yang terkait dengan industri pertahanan produk dalam negeri dalam mendukung pertahanan dan keamanan NKRI, diantaranya adalah : 1. Peta Citra Satelit berbagai ukuran skala (Katalog ketersediaan data, MODIS NKRI, Perbatasan Indonesia-Malaysia, Jakarta SPOT 5, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Balongan Indramayu, Kota Pacitan, Pulau Sebatik, Parepare SPOT 6), 2. Roket (RX 1210, RX 1220, RX 2020, RX 320, RX 450 dan RKX 200), 3. Pesawat UAV (LSU 02, 03 dan 05), dan 4. Satelit Lapan A2.

       
                                       Suasana Stand Lapan                                                   Antusisme Pengunjung Pameran

Materi yang ditampilkan oleh Lapan sangat relevan dengan isu-isu yang menyangkut stabilitas dan keamanan domestik yang tidak terlepas dari pengaruh eksternal baik yang langsung maupun tidak langsung. Isu stabilitas dan keamanan di negara kita yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah isu yang berkaitan dengan penyelundupan lintas negara (trafficking), garis perbatasan (border line) antar negara, menjaga dan melindungi perairan wilayah nusantara (ilegal fishing), serta kejahatan pencurian kayu tebangan (ilegal logging). 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL