Kompetensi Utama

Layanan


Hujan Deras dan Berdurasi Lama di Jakarta Hari Ini, Apa Sebabnya?
Penulis : Yunanto Wiji Utomo • Media : Kompas.com • 08 Jan 2014 • Dibaca : 10487 x ,

KOMPAS.com — Hujan deras mengguyur Ibu Kota sejak Rabu (8/1/2014) pagi. Dampaknya, genangan muncul di sejumlah wilayah dan perjalanan kereta api commuter line terganggu.

Dari sisi meteorologi, apa penyebab hujan deras di Jakarta hari ini?

Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, penyebabnya adalah aktivitas pembentukan awan yang sedang maksimal di Laut Jawa utara Jakarta.

"Kita memang sudah memasuki musim hujan. Pemanasan terjadi di Laut Jawa, memicu pembentukan awan," kata Zakir saat dihubungi Kompas.com, hari ini.

Awan yang terbentuk kemudian bergerak ke arah Jakarta oleh faktor angin. Ketika jenuh, awan kemudian melahirkan hujan.

Zakir mengatakan, "Dalam beberapa hari ke depan, trennya akan seperti sekarang. Hujan terjadi diselingi gerimis atau reda sebentar, lalu hujan lagi. Akan seperti itu terus."

Meski hujan cukup deras dan berdurasi lama di Jakarta hari ini, sebenarnya intensitas hujan pada bulan Januari ini tergolong rendah.

Thomas Djamaluddin dari Pusat Sains Atmosfer, Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), mengungkapkan, hal tersebut terjadi karena osilasi Madden Julian yang kini sedang aktif dalam fase penekanan konveksi.

"Akibatnya, pembentukan awan sedikit dan curah hujan rendah," katanya.

Untuk jangka waktu selanjutnya, patut diwaspadai pengaruh seruak dingin dan osilasi Madden Julian periode selanjutnya yang mungkin bisa aktif dalam fase peningkatan konveksi sehingga memicu hujan lebat.

Sumber :
http://sains.kompas.com/read/2014/01/08/1627265/Hujan.Deras.dan.Berdurasi.Lama.di.Jakarta.Hari.Ini.Apa.Sebabnya.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL