Kompetensi Utama

Layanan


Lapan-TNI AD Sepakat Bekerja Sama di Bidang Kedirgantaraan
Penulis Berita : Humas/Dia • Fotografer : Humas/Yus • 21 Jan 2014 • Dibaca : 56484 x ,

Kepala Lapan (Kanan) dan KASAD menandatangani nota kesepahaman kerja sama.

Selasa (21/01), Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana, dan KASAD Jenderal TNI Budiman menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama tentang Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedirgantaraan di Mabes TNI AD, Jl. Veteran No. 5, Jakarta Pusat. Penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki oleh kedua pihakuntuk mendukung program pembangunan.

“Lapan dan TNI AD bekerja sama dalam mengembangkan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh TNI AD“, ujar Kepala Lapan. Dalam sambutannya, ia menyampaikan mengenai berbagai capaian Lapan di bidang teknologi dirgantara. Ia menjelaskan bahwa Lapan terlibat dalam kegiatan Konsorsium Roket Pertahanan yang merupakan kerja sama dengan Kemenristek, Kemhan, PT PINDAD, PT DI, dan PT DAHANA yang saat ini sedang mengembangkan roket dengan kemampuan tiga digit. Selain roket, Lapan juga sedang mengembangkan bidang penerbangan dengan membangun pesawat tanpa awak untuk keperluan pemotretan udara.

Dalam mewujudkan capaian tersebut, Lapan menghadapi tantangan. Kepala lapan mengatakan, “kesulitan yang dihadapi oleh lembaga litbang yaitu mencari cara membangun kemampuan dalam negeri. Ini merupakan tantangan bagi Lapan untuk mendorong industri pertahanan dengan kemampuan baik”.

Selain dalam bidang pengembangan wahana dirgantara, Lapan juga mendukung kerja instansi pemerintah lain melalui bidang penginderaan jauh. Ia menjelaskan bahwa adanya Inpres nomor 6 tahun 2012 dan UU Keantariksaan nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, Lapan berkewajiban untuk menjamin ketersediaan data satelit penginderaan jauh bagi kementerian/lembaga, TNI, dan Polri.

Sementara itu, KASAD dalam sambutannya menyampaikan bahwa TNI AD memandang Lapan telah memiliki kemampuan di bidang teknologi satelit dan inderaja, teknologi propelan dan desain, teknologi UAV dan keahlian lain di bidang SAR, serta bencana alam.“Kerja sama ini penting bagi peningkatan kemajuan AD dan kemampuan Lapan”, ujar Budiman.

Budiman berharap, Lapan dan TNI AD dapat menjadi pelopor dalam mencegah ancaman yang berkaitan dengan penggunaan iptek dan informasi yang terjadi di Indonesia, hybrid warfare dan cyber warfare. Ia juga berharap, kerja sama ini dapat meningkatkan pengembangan transformasi TNI AD pada abad ke-21 yaitu modernisasi alutsista, pembangunan dan peningkatan kapasitas SDM, penguatan kerja sama militer, serta penguatan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Lapan dan TNI AD sepakat bekerja sama dalam litbangyasa dan pengkajian di bidang iptek kedirgantaraan. Kerja sama tersebut meliputi teknologi penerbangan, roket, satelit, penginderaan jauh, sains antariksa dan sains atmosfer, pertukaran data, informasi, ilmupengetahuan, dan tenaga ahli, penyediaan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta diseminasi dan publikasi ilmiah.

Dalam penandatanganan ini, turut ditandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pusat Teknologi Data Penginderaan Jauh dengan Direktorat Topografi AD dalam pemanfaatan teknologi dan data penginderaan jauh untuk kepentingan pertahanan negara. Selain itu, juga ditandatangani PKS antara Pusat teknologi Penerbangan dengan Direktorat Topografi AD dalam pengembangan dan pemanfaatan pesawat terbang tanpa awak untuk survei pementaan.

Kerja sama Lapan dan TNI AD dirintis sejak 2000-an. Lingkup kerja sama tersebut sebelumnya dengan Direktorat Topografi AD dalam pemanfaatan datapenginderaan jauh, GPS tracking, serta pelaksanaan bimtek untuk memproses data citra satelit. Saat ini kerja sama diperluas dalam pemanfaatan LSU untuk survei pemetaan.


Your Comments
Kawah Putih 2120 days ago
kerja Sama di Bidang Kedirgantaraan antara Lapan-TNI AD merupakan langkah postif, tentu akan ada banyak pihak yang mendukungnya.\n

Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL