Kompetensi Utama

Layanan


Lapan dan BIG Bersinergi Kelola Data dan Citra Tegak Satelit Resolusi Tinggi
Penulis Berita : Humas/Azis • Fotografer : Humas/Yusuf • 24 Jan 2014 • Dibaca : 53614 x ,

Kepala Biro Kerjasama dan Humas Lapan (kanan) dan Kepala Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerjasama BIG menandatangani perjanjian kerja sama.

Sebagai implementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2012 dan diperkuat dengan Undang-Undang Keantariksaan Nomor 21 Tahun 2013, Lapan menandatangani naskah Perjanjian Kerja Sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) tentang Pengelolaan Data dan Citra Tegak Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi, Jumat (24/1) di Kantor BIG, Cibinong, Bogor. Naskah ditandatangani oleh Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Lapan, Agus Hidayat, dan Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama BIG, F. Wahyutomo.

Berdasarkan naskah tersebut, Lapan wajib untuk menyediakan dan mengolah data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi. Pengolahan data tersebut meliputi koreksi radiometrik, koreksi spectral, dan koreksi geometrik sistematik yang dilakukan berdasarkan parameter stasiun bumi. Selain itu, Lapan berkewajiban meningkatkan kapasitas dan operasi sistem akuisisi data serta membuat metadata atas data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.

“Dengan ditandatanginya PKS ini, diharapkan Lapan dapat mengemban tugas dengan baik dalam melayani kebutuhan penyediaan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi untuk Kementerian, Lembaga, TNI, Polri dan Pemda,” ucap Sekretaris Utama Lapan I.L. Arisdiyo dalam sambutannya.

Naskah PKS ini, Arisdiyo mengatakan, merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) antara Lapan dengan BIG yang ditandatangani pada 18 April 2012 mengenai Kerjasama Pemanfaatan Kedirgantaraan dan Informasi Geospasial.

Dalam kerja sama ini, BIG wajib membuat citra tegak satelit penginderaan jauh resolusi tinggi untuk keperluan survei dan pemetaan dengan melakukan koreksi geometrik ortorektifikasi atas data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dari Lapan.

“Pada 15 Januari 2013, Lapan memberikan raw data dari citra satelit kepada 11 kementerian lembaga. BIG harus memanfaatkan citra ini sebaik-baiknya agar dapat digunakan. Caranya, dengan membuat koreksi geometrisnya,” ujar Sekretaris Utama BIG, Budhy Andono Soenhadi.

Budhy menjelaskan, kerja sama antara Lapan dan BIG langsung dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten. Dengan adanya kerja sama ini, Klaten akan memanfaatkan data citra tegak satelit penginderaan jauh resolusi tinggi tersebut dalam membuat peta untuk keperluan pembangunan dan tata ruang Kabupaten Klaten.

Untuk itu, dalam acara penandatanganan kerja sama Lapan dan BIG, juga dilakukan penandatanganan naskah MoU antara BIG dengan Pemkab Klaten yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kabupaten Klaten, Bambang Sigit Sinugroho.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL