Kompetensi Utama

Layanan


Kepala Lapan Baru Akan Dilantik, Lapan Akan Terus Tingkatkan Kemampuan Iptek Antariksa Nasional
06 Feb 2014 • Dibaca : 61987 x ,

Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menegristek), Prof. Dr. Gusti Muhammad Hatta, akan melantik Kepala Lapan pada Jumat, 7 Februari 2014 pukul 13.30 WIB di kantor pusat Lapan, Jl. Pemuda Persil No. 1 Rawamangun, Jakarta Timur. Kepala Lapan yang akan dilantik tersebut akan menggantikan Kepala Lapan periode sebelumnya, Bambang S. Tejasukmana, yang masa jabatannya berakhir pada 1 Februari 2014.

Selama kepemimpinan Bambang S. Tejasukmana, Lapan telah menyelesaikan proses menuju reformasi birokrasi. Selain itu, Lapan telah melaksanakan berbagai program penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan. Program-program tersebut antara lain selesainya pembangunan satelit Lapan A2, keberhasilan membangun pesawat UAV yang mampu terbang 200 kilometer secara autonomous, mengembangkan teknologi pesawat transportasi, serta mengembangkan teknologi roket.

Di bidang Penginderaan jauh, Lapan juga telah meningkatkan pelayanan dalam menyediakan data penginderaan jauh. Sesuai dengan Inpres No. 6 Tahun 2012, Lapan memiliki kewajiban untuk menyediakan data satelit beresolusi tinggi. Data tersebut berlisensi pemerintah Indonesia, dengan demikian, instansi pemerintah dapat memperoleh data tersebut di Lapan.

Di bidang sains antariksa dan teknologi atmosfer, Lapan juga terus memberikan informasi hasil litbangnya kepada masyarakat. Informasi di bidang antariksa yang diberikan Lapan yaitu hasil pengamatan matahari, sun spot (bintik matahari), satelit yang melintas di wilayah Indonesia, frekuensi komunikasi radio antar lokasi, data ionosonda, prediksi komunikasi radio dan kemunculan sintilasi bulanan, serta pemantauan geomagnet. Sementara itu di bidang sains dan teknologi atmosfer, Lapan mengembangkan berbagai model dan penelitian atmosfer berbasis satelit dan radar.

Selama masa jabatannya, Lapan juga mendorong lahirnya Undang-undang No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Undang-undang ini sebagai landasan hukum untuk setiap langkah pengembangan dan operasional di bidang keantariksaan dan bertujuan untuk meningkatkan penguasaan teknologi Indonesia.

Kinerja Lapan yang telah terlaksana tersebut akan menjadi modal bagi Kepala Lapan yang baru guna terus meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa nasional. Selain itu, juga mendorong pemanfaatan bidang ilmu ini dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.


Jakarta, 6 Februari 2013

Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Ir. Jasyanto, MM.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL