Kompetensi Utama

Layanan


Kepala Lapan Baru, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/Fhm • 07 Feb 2014 • Dibaca : 59568 x ,

Kepala Lapan membaca sumpah jabatan.

Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dilantik sebagai Kepala Lapan, Jumat (7/2). Pelantikan dilaksanakan oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menegristek), Prof. Dr. Gusti Muhammad Hatta, di kantor pusat Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur. Ia menggantikan Kepala Lapan periode sebelumnya, Bambang S. Tejasukmana, yang masa jabatannya berakhir pada 1 Februari 2014.

Dalam sambutannya, Menegristek mengatakan bahwa Lapan memiliki posisi yang strategis. Hal ini disebabkan karena bidang kerja Lapan, antariksa, merupakan media yang perlu dikembangkan untuk tujuan Lapan. “Peran Lapan memiliki tugas khusus dalam penguasaan penerbangan dan antariksa,” ujarnya.

Secara wilayah geografis, Indonesia perlu menguasai teknologi antariksa agar mandiri di bidang tersebut. Gusti berkata, hal tersebut bertujuan untuk kemajuan pembangunan nasional. Penguasaan teknologi antariksa yang telah dikembangkan Lapan saat ini yaitu rancang bangun roket, satelit, pesawat tanpa awak, dan upgrading stasiun bumi yang sangat bermanfaat bagi Indonesia.

Ia menambahkan, Lapan juga selama ini terus memberikan informasi mengenai antariksa. “Perubahan iklim antariksa, badai matahari, dan penentuan hilal menjadikan informasi antariksa sangat penting,” ujarnya.

Pada RPJMN 2015-2019, Indonesia akan memfokuskan pada keunggulan kompetitif. Gusti mengatakan, untuk itu, Indonesia harus mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan sendiri. Caranya yaitu, Lapan bersama PT DI mengembangkan pesawat perintis N219 untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.

Keberhasilan Lapan yang lain yaitu lahirnya Undang-undang No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. undang-undang ini memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia dalam pengembangan bidang keantariksaan.

Menegristek berharap, Kepala Lapan yang dilantik akan melanjutkan sosialisasi undang-undang tersebut dan membuat peraturan perundang-undangannya. Selain itu, Lapan juga diharapkan dapat segera meluncurkan satelit Lapan A2 dan meningkatkan sinergi dengan berbagai instansi pemerintah.

Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, lahir di Purwokerto, 23 Januari 1962. Ia memiliki latar belakang ilmu astronomi dan astrofisika yang diperoleh dari ITB untuk program S1 serta Universitas Kyoto Jepang untuk program S2 dan S3.

Lulus dari ITB pada 1986, ia memulai karier di Lapan pada 1987 dan menjadi peneliti antariksa. saat ini ia telah menulis lebih dari 50 makalah ilmiah, 100 tulisan ilmiah populer, serta lima buku astronomi. Pada 1988 hingga 1994, ia menempuh program S2 dan S3 di Jepang. Gelar profesor riset di bidang astronomi dan astrofisika diperolehnya pada 2009.

Selama berkarya di Lapan, Thomas telah mengaplikasikan ilmu astronomi yang dimilikinya untuk mengkaji benda jatuh antariksa di wilayah Indonesia dan dampak aktivitas matahari terhadap kondisi bumi. Sebelum dilantik menjadi Kepala Lapan, ia pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lapan, Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim dan Kepala Bidang Matahari dan Antariksa Lapan.

Ia memiliki ketertarikan dalam bidang bintang dan pembentukan bintang. Hal inilah yang kemudian menimbulkan minatnya dalam mempelajari hisab dan rukyat. Berbekal ilmu tersebut, ia saat ini menjadi perwakilan Lapan di Badan Hisab Rukyat dan Departemen Agama untuk terlibat dalam penetapan penanggalan islam.

Selain hisab rukhyat, Thomas juga aktif dalam mempromosikan pemanfaatan ilmu astronomi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan menentukan arah kiblat berdasarkan posisi matahari.


Your Comments
bayu 2070 days ago
SELAMAT ATAS TERPILILHNYA Bpk.Prof. Dr. Thomas Djamaluddin menjadi KEPALA LAPAN\nSemoga LAPAN bisa lebih bermanfaatan bagi umat manusia dan NKRI.\n\nAmiiiiiin.
Ilham Hatta 2073 days ago
Selamat dan sukses buat Pak. Thomas Djamaluddin, semoga membawa LAPAN menjadi yang terbaik dimasa yang akan datang.

Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL