Kompetensi Utama

Layanan


Menegristek Lantik Kepala Lapan yang Baru
Penulis : • Media : satunews.com • 07 Feb 2014 • Dibaca : 63743 x ,

Jumat, 07 Februari 2014 | 22:40
JAKARTA- Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menegristek) Prof. Dr.Gusti Muhammad Hatta melantik Thomas Djamaluddin sebagai Kepala Lapan yang baru menggantikan Bambang S Teja Sukmana di kantor Lapan di Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (7/2).

“Lapan memiliki peran khusus di bidang penerbangan dan antariksa. Wilayah Indonesia yang luas menjadikan penguasaan bidang antariksa suatu keharusan,”kata Gusti Muhammad.

Dia berharap berharap dikepemimpinan yang baru nantinya Lapan mampu mengembangkan rancang bangun pesawat, peningkatan teknologi penginderaan jauh di Pare-Pare, roket untuk cuaca dan akuisisi pengolahan cuaca.

Menurut dia, bisnis antariksa dan penerbangan Indonesia berkembang cepat. Sehingga fenomena cuaca, seperti perubahan iklim, badai matahari, penentuan benda angkasa dan hilal menjadi perhatian masyarakat.

Gusti mengemukakan, Thomas Djamaluddin dulunya adalah deputi Kepala Lapan yang lama, Bambang S Teja Sukmana. “Tentunya Kepala Lapan yang baru pasti sudah menyerap kemampuan Pak Bambang,”imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan Jasyanto dalam rilsinya menyebutkan, selama kepemimpinan Bambang S Tejasukmana Lapan telah menyelesaikan proses menuju reformasi birokrasi.

Menurut dia, Lapan telah melaksanakan berbagai program penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan.

Program-program tersebut antara lain selesainya pembangunan satelit Lapan A2, keberhasilan membangun pesawat UAV yang mampu terbang 200 kilometer (km) secara autonomous, mengembangkan teknologi pesawat transportasi, serta mengembangkan teknologi roket.

Sedangkan di bidang penginderaan jauh, Lapan telah mampu meningkatkan pelayanan berupa penyediaan data penginderaan jauh.

Sesuai dengan Inpres Nomor 6 Tahun 2012, Lapan memang memiliki kewajiban untuk menyediakan data satelit beresolusi tinggi.(red)


Sumber :
http://www.satunews.com/read/nasional/21072/2014/02/07/menegristek-lantik-kepala-lapan-yang-baru-html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL