Kompetensi Utama

Layanan


Thomas Djamaluddin Menjabat Kepala Lapan
Penulis : AFRILIA SURYANIS • Media : tempo.co • 07 Feb 2014 • Dibaca : 8790 x ,

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta melantik Thomas Djamaluddin sebagai Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Jumat, 7 Februari 2014. Sebelumnya Thomas menjabat Deputi Bidang Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lapan.

Thomas menggantikan Bambang Setiawan Tejakusuma yang kini telah pensiun. "Saya harap kepala Lapan yang baru dapat meneruskan prestasi yang telah dihasilkan oleh Pak Bambang sebagai kepala Lapan sebelumnya," kata Gusti Hatta.

Menurut Gusti, selama 2013 Lapan telah mencatatkan prestasi yang sangat bagus, termasuk mendorong lahirnya Undang-Undang NoMOR 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Undang-undang ini adalah landasan hukum bagi setiap langkah pengembangan dan operasional di bidang keantariksaan dan peningkatan penguasaan teknologi Inidonesia.

"Kepala Lapan yang baru diharapkan dapat mensosialisasikan UU Keantariksaan ini, termasuk membentuk peraturan pemerintahnya," ujar Gusti.

Thomas Djamaluddin menyatakan siap melanjutkan prestasi dan tugas pendahulunya. "Saya akan melanjutkan programnya, dan satu hal yang penting dari Pak Bambang itu adalah bekerja dengan realistis, tapi mungkin dilakukan," ujarnya.

Menurut Thomas, ada empat kunci dalam UU Keantariksaan yang harus dilaksanakan, yakni memahami keantariksaan, memanfaatkan antariksa, menguasai antariksa, serta melindungi kegiatan dan aset keantariksaan dan masyarakat.

"Ada amanat untuk menjamin program keantariksaan itu. Dan melanjutkan pembentukan peraturan pemerintah termasuk menjadi bandar antariksa yang diamanatkan dalam undang-undang," kata Thomas.


Sumber :
http://www.tempo.co/read/news/2014/02/07/061552068/Thomas-Djamaluddin-Menjabat-Kepala-Lapan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL