Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Luncurkan Muatan Balon dan Pantau Radar Atmosfer
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/Sur • 05 Mar 2014 • Dibaca : 27520 x ,

Tim Muatan Balon Atmosfer mempersiapkan peluncuran.

Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) Lapan melakukan peluncuran Muatan Balon Atmosfer di Balai Produksi dan Pengujian Roket Lapan, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, Rabu (5/3). Ini merupakan persiapan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) yang akan berlangsung pada 14 hingga 16 Juni 2014 di Yogyakarta, yang bersamaan dengan agenda Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo).

Peluncuran Balon Atmosfer ini merupakan salah satu tahapan persiapan untuk menyongsong pelaksanaan Kombat guna menjaring peserta dan menjamin kualitas pelaksanaan kompetisi. Balon bervolume 2000 gram, bermuatan dua unit atmosfer, dan berisi gas hidrogen itu diluncurkan dengan membawa sensor untuk mengirimkan data ke groundstation (komputer penerima). 

Uji muatan tersebut sukses dilaksanakan sesuai dengan harapan. Kedua sensor yang ditugaskan untuk mengukur variabel atmosfer, yaitu untuk melakukan observasi suhu, tekanan, dan kelembaban udara, dapat bekerja dengan baik. Sensor yang dipasang dapat mengirimkan pesan tersebut ke perangkat komputer penerima data. “Kedua sensor juga tidak mengalami interferensi antar muatan satu dengan yang lain,” kata Laras, Kepala Bidang Teknologi Atmosfer Lapan. 

Peluncuran kali ini bersifat berkesinambungan. Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Drs, Afif Budiyono, MT, mengatakan bahwa peluncuran balon atmosfer semacam ini perlu dilakukan lagi untuk memperoleh akurasi data serta meningkatan keseluruhan sistem dan komponen misi balon tersebut. Peluncuran selanjutnya akan menguji secara keseluruhan mulai dari sistem peluncuran, sistem pemutus tali balon, sistem transmisi data, uji muatan, hingga uji interferensi data. 

Pada lokasi yang sama, PSTA juga melakukan pengamatan transportable radar untuk mengobservasi radar atmosfer di lingkungan setempat. Observasi dengan menggunakan mobil radar ini sudah dilakukan satu bulan. Sinyal dari antena yang dipancarkan diharapkan dapat menangkap kondisi awan dalam jarak radius 100 km. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL