Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Ajak Universitas Luncurkan Satelit via KIBO
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Pusteksat/Heru • 11 Mar 2014 • Dibaca : 34571 x ,

Lapan dan JAXA mengajak universitas untuk ikut dalam program KIBO

Lapan menggandeng berbagai universitas di Indonesia untuk mengikuti program pengembangan dan operasi KIBO. Hal tersebut diungkapkan saat Lapan menerima delegasi JAXA yang diwakili Japan Manned Space System Corporation (JAMMS) di Pusat Teknologi Satelit Lapan, Rancabungur, Bogor, Selasa (11/3).

KIBO merupakan modul penelitian terbesar stasiun luar angkasa internasional yang dikembangkan oleh lembaga antariksa Jepang, JAXA. KIBO memberikan kesempatan untuk melakukan berbagai percobaan-percobaan penelitian di luar angkasa.

Salah satu percobaan yang dapat memanfaatkan KIBO yaitu peluncuran satelit pico. Satelit pico merupakan satelit berukuran 0,1 hingga 1 kilogram. Satelit ini disebut juga dengan cube sat, dan berukuran sebesar kaleng soda.

Sebelumnya, Indonesia juga telah berpartisipasi pada program KIBO. Namun, partisipasi tersebut bukan dalam bidang pengujian komponen satelit, melainkan tes biologi yang dilakukan ITB melalui Pusat Sains Antariksa Lapan. Dalam penelitian tersebut, Indonesia mengirimkan biji tomat dan pisang untuk melihat perbedaan karakter tumbuhan tersebut selama berada di bumi dan di luar angkasa. Untuk selanjutnya, Lapan berharap universitas tertarik untuk ikut dalam program pengembangan satelit yang dapat diluncurkan melalui KIBO.

Dalam pertemuan antara Lapan dan JAMMS ini, beberapa universitas ingin ikut dalam program pengujian komponen satelit tersebut. Menurut Kepala Bidang Ruas Bumi Lapan, Chusnul Tri Judianto, Universitas Surya dan PENS ITS berencana mengembangkan satelit kelas nano mirip program ARDUSAT yang diluncurkan melalui KIBO dengan ukuran 1U.

Selanjutnya, Chusnul mengatakan, bagi universitas yang berminat dengan program ini dan telah menyelesaikan satelitnya, maka Lapan akan memfasilitasi dalam upaya peluncurannya melalui KIBO. Hal ini sesuai dengan UU No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, yang menyatakan bahwa Lapan bertugas untuk mengkoordinasikan kegiatan keantariksaan Indonesia. Selain itu, Lapan juga memiliki kerja sama dengan JAXA yang masih berlaku hingga kini.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL