Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Rintis Kerja Sama dengan Pemerintah Bukittinggi
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/And • 25 Mar 2014 • Dibaca : 40124 x ,

Sekretaris Utama Lapan (kanan) dan Walikota Bukittinggi menandatangani naskah kesepahaman kerja sama.

Lapan dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi menandatangani nota Kesepahaman. Naskah ditandatangani oleh Sekretaris Utama Lapan, IL Arisdiyo, M. Si. dan Walikota Bukittinggi, Ismet Amzis di Kantor Walikota Bukittinggi, Sumatera Barat, Selasa (25/03).

“Momentum ini adalah jawaban dari Lapan atas permintaan Pemerintah Bukittinggi dalam upaya menginterpretasikan kebutuhan perencanaan pembangunan daerah Bukittinggi. Saat ini kami sedang menyelesaikan dokumen-dokumen tata ruang sehingga seluruh pimpinan SKPD dapat memanfaatkan kerja sama ini secara optimal,” ujar Ismet Amzis. Ia juga mengatakan bahwa wawasan jajarannya menjadi terbuka berkat bimbingan teknis Lapan terkait penginderaan jauh.

Ia berharap, kerja sama pemanfaatan sains dan teknologi kedirgantaraan ini menjadi landasan upaya peningkatan kinerja aparat daerah untuk memanfaatkan tata ruang daerah Bukittinggi. Dengan demikian, karakteristik wilayah yang berupa bukit-bukit dan ngarai, dapat menjadi suatu keterpaduan unsur wilayah menuju pembangunan daerah yang pesat dan tercapainya kemakmuran masyarakat.

Kegiatan ini disaksikan oleh Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Dalam sambutannya, Kepala Lapan menyampaikan bahwa kerja sama tersebut merupakan bagian dari tugas Lapan dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat. “Lapan mempunyai fasilitas penelitian yang berlokasi di Kototabang, berdekatan dengan wilayah Bukittinggi. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban Lapan mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar agar hasil litbang Lapan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menggali potensi sumber daya yang dimiliki masyarakat.

Pemanfaatan satelit penginderaan jauh, menurut Kepala Lapan, sebagai salah satu unsur untuk memperkuat amanah Lapan. Hal ini sesuai Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2012 tentang Penyediaan, Penggunaan, Pengendalian Kualitas Penggunaan, dan Distribusi Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi. “Dengan adanya landasan hukum tersebut, peran pemerintah daerah menjadi makin kuat untuk menggunakan data penginderaan jauh berdasarkan lisensi pemerintah dalam upaya efisiensi anggaran negara,” ia menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Lapan juga mensosialisasikan pemanfaatan produk litbang Lapan dan UU Nomor 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan. Sosialisasi tersebut menjadi pintu masuk jalinan kerja sama Lapan dengan Pemkot Bukittinggi yang akan berlanjut dan Lapan berkepentingan melakukan kegiatan dengan daerah untuk memanfaatkan teknologi secara bersama.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL