Kompetensi Utama

Layanan


Pasaman Barat Intens Jalin Kerja Sama Bidang Penginderaan Jauh
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/And • 26 Mar 2014 • Dibaca : 37067 x ,

Sekretaris Utama Lapan (kanan) menjelaskan mengenai citra Kabupaten Pasaman Barat yang diolah Lapan.

Lapan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat menandatangani naskah kesepakatan bersama. Naskah ditandatangani oleh Sekretaris Utama Lapan, IL Arisdiyo dan Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R di kantor Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat, Rabu (26/3).

Menurut Arisdiyo, Pemkab Pasaman Barat sangat intens menjalin kerja sama dengan Lapan dalam memanfaatkan sains dan teknologi penginderaan jauh untuk berbagai kebutuhan. “Kerja sama kedua instansi ini memasuki periode ke-tiga. Hubungan yang dijalin pun makin harmonis dan bermanfaat untuk kedua pihak,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama Lapan juga menyampaikan keberadaan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 sebagai payung hukum yang kuat di bidang keantariksaan bagi program dan kegiatan Lapan di mata dunia. Selain itu, ia juga menyampaikan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2012 tentang penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas penggunaan, dan distribusi data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi. “Inpres tersebut memperkuat pengaturan tentang pengelolaan dan pemanfaatan data penginderaan jauh sehingga pemerintah daerah dapat memanfaatkan data hingga beresolusi tinggi dengan makin cepat, mudah, dan cuma-cuma,” ia menambahkan.

Untuk itu, ia berharap, dengan diperpanjangnya naskah kerja sama tersebut makin membuka peluang bagi kedua pihak untuk segera menindaklanjuti payung kerja sama tersebut ke dalam implementasi kegiatan kerja sama sebagaimana tercantum dalam ruang lingkup yang disepakati.

Baharuddin menyambut baik kegiatan tersebut. “Ini adalah kesempatan besar bagi Pasaman Barat untuk makin mengembangkan program pembangunan secara berkelanjutan. Awalnya, penginderaan jauh dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam pemetaan luas HGU. Namun, manfaatnya ternyata beragam. Bahkan detik ini saya baru tahu jika Pasaman Barat mempunyai danau yang dapat dilihat dari pengolahan data satelit tersebut. Ini potensi besar bagi kami dalam mengembangkan sektor pariwisata!” ia mengatakan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL