Kompetensi Utama

Layanan


Manusia Perlu Pelajari Antariksa
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/SKW • 03 Apr 2014 • Dibaca : 51862 x ,

Lapan mengajak para siswa untuk mempelajari antariksa.

Manusia dan antariksa merupakan entitas yang tidak mungkin dipisahkan. Sebagai bagian dari jagat raya, manusia menyadari bahwa antariksa memiliki manfaat yang sangat luas sehingga harus dipelajari dan dipahami. Itulah yang disampaikan oleh pranata humas Lapan, Mega Mardita, dalam diskusi pada Jawa Timur Education Fair di Dyandra Convention Center, Surabaya, Kamis (3/4).

Manfaat mempelajari antariksa telah dirasakan manusia sejak lama. Misalnya, sejak dulu, ilmu astronomi digunakan untuk menentukan waktu musim tanam dan musim panen, waktu berpindah bagi penduduk nomaden, serta sebagai penunjuk arah bagi para nelayan.

Ternyata, seiring majunya peradaban manusia, pengetahuan tentang antariksa semakin berkembang. Bahkan, saat ini, kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa semakin besar. Berbagai teknologi komunikasi yang dimiliki manusia saat ini merupakan hasil dari pemanfaatan bidang tersebut. Manusia terus mengekplorasi kegunaan antariksa untuk membantu kehidupannya. Contohnya, penggunaan telepon genggam, internet, navigasi, dan penginderaan jauh, semuanya menggunakan alat yang diletakkan di luar angkasa.

Upaya eksplorasi antariksa yang dilakukan manusia tersebut digunakan untuk kemajuan dan kejateraan manusia. Berbagai negara termasuk Indonesia saat ini berupaya untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang antariksa.

Untuk mencapai upaya penguasaan iptek antariksa tersebut, tentunya diperlukan sumber daya manusia yang mumpuni. Maka itulah, Lapan menantang para siswa untuk menjadi ahli di bidang antariksa. Bagaimana caranya? Para siswa dapat belajar berbagai disiplin ilmu yang terkait dengan kegiatan keantariksaan, misalnya fisika, matematika, teknik elektro, astronomi, penerbangan, dan geografi. Bidang ilmu tersebut diperlukan dalam penelitian dan pengembangan di bidang teknologi dirgantara seperti roket, satelit, dan pesawat terbang, bidang pemanfaatan antariksa seperti penginderaan jauh, bidang sains antariksa dan atmosfer, serta kebijakan keantariksaan.

Guna memotivasi siswa dalam mempelajari antariksa, Lapan mengajak mereka untuk mengunjungi Balai Pengamatan Dirgantara Lapan di Watukosek. Di fasilitas tersebut, Lapan melaksanakan pengamatan atmosfer dan matahari. Dengan mengunjungi fasilitas Lapan tersebut, para siswa dapat belajar langsung dari para ahli mengenai pengamatan tersebut.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL