Kompetensi Utama

Layanan


SCOSA Tingkatkan Kerja Sama Teknologi Antariksa ASEAN
Penulis Berita : Humas/Happy • Fotografer : Humas/Happy • 22 Apr 2014 • Dibaca : 20273 x ,

Pertemuan SCOSA membahas mengenai teknologi antariksa dan aplikasinya di wilayah ASEAN.

Lapan menghadiri The 67th ASEAN COST Meetings dan The 25th Meeting of The Sub-Committee on Space Technology and Applications (SCOSA). Pertemuan tersebut berlangsung pada 21 hingga 25 April di Singapura. Pertemuan tingkat ASEAN ini dilaksanakan dengan beberapa pertemuansub komite, pertemuan Advisory Body of the ASEAN Plan of Action on Science and Technology (ABAPAST) dan pertemuan Advisory Body of the ASEAN Science Fund (ABASF).

SCOSA bertujuan untuk merumuskan kerangka guna meningkatkan kerja sama dalam bidang teknologi antariksa dan aplikasinya di kawasan ASEAN. Selain itu, subkomite ini juga bertujuan untuk menerapkan program dan proyek teknologi antariksa guna pembangunan yang berkelanjutan di negara ASEAN.

Kali ini, pertemuan SCOSA membahas mengenai hal-hal yang muncul dan menjadi keputusan pada pertemuan sebelumnya pada 20 hingga 21 Mei di Tagaytay City, Filipina, dan pertemuan ASEAN COST sebelumnya pada 9 November 2013 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Agenda pembahasan mencakup tiga proyek yang sedang berlangsung yaitu ASEAN-EOS Virtual Constellation (VNREDSat-1 dan Thaichote Systems) dan kerja sama di bidang stasiun bumi penginderaan jauh serta sembilan pending projects. Pembahasan pertemuan ini juga mencakup persiapan pelaksanaan 9th ASEAN Science and Technology Week (ASTW), ASEAN-China Cooperation on Space Technology Applications, dan pergantian pimpinan SCOSA. Dalam pertemuan ini dilaksanakan pula serah terima pimpinan SCOSA dari Myanmar ke Filipina. Dengan demikian, Filipina akan memimpin SCOSA untuk periode 2014 hingga 2017.

Di SCOSA, Indonesia berperan menjadi inisiator dalam kegiatan Workshop on Remote Sensing Ground Station Expert Exchange yang telah berlangsung dua kali. Sementara itu, dalam pertemuan ini, Lapan berperan sebagai National Focal Point untuk subkomite bidang teknologi antariksa dan aplikasinya. Subkomite ini membahas mengenai teknologi antariksa dan aplikasinya, terutama di bidang penginderaan jauh.

Dalam pertemuan ini, Lapan juga menyampaikan perkembangan rencana kegiatan The 9th ASEAN Technology and Science Week. Kegiatan ini akan berlangsung pada 18-25 Agustus 2015 di Bogor. Untuk itu, Lapan mengundang negara-negara ASEAN untuk berperan serta baik menjadi pembicara maupun partisipan dalam kegiatan tersebut.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL