Kompetensi Utama

Layanan


Sinas Inderaja Bangun Rencana Induk Kegiatan Keantariksaan
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/JAB • 21 Apr 2014 • Dibaca : 40922 x ,

Talkshow mengenai peran penginderaan jauh dalam pembangunan nasional

Lapan berupaya memperkuat kemandirian bangsa melalui penyelenggaraan penginderaan jauh untuk pembangunan nasional. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, saat membuka Seminar Nasional Penginderaan Jauh (Sinas Inderaja) 2014 di IPB Convention Center, Bogor, Senin (21/4). Kegiatan ini merupakan bentuk usaha penguatan teknologi dan pemanfaatan data penginderaan jauh nasional.

Mewujudkan kemandirian tersebut merupakan bagian dari amanat Undang-undang No. 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan. Kepala Lapan mengatakan, dalam undang-undang tersebut, terkait penginderaan jauh, Lapan ditugaskan untuk mengolah, menyimpan, mendistribusikan dan memanfaatkan, serta diseminasi informasi. Lapan mengupayakan seluruh kegiatan itu untuk lebih mandiri. “Bahkan, suatu saat satelit yang digunakan untuk penginderaan jauhpun akan dibangun secara mandiri,” ujarnya.

Ia melanjutkan, Sinas Inderaja ini berfungsi untuk memberikan masukan untuk membuat rencana induk terkait pelaksanaan Undang-undang Keantariksaan Tersebut. Kegiatan ini juga sebagai cara untuk membuat rencana kegiatan penginderaan jauh Lapan dalam 25 tahun mendatang.

Sinas Inderaja dihadiri oleh para praktisi penginderaan jauh dari berbagai instansi. Seminar tersebut bertema Penguatan Kemandirian melalui Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pembangunan Nasional. Dalam seminar ini dibahas mengenai aplikasi penginderaan jauh di berbagai bidang.

Seminar ini dilatarbelakangi pentingnya teknologi penginderaan jauh dan aplikasinya dalam mendukung program nasional seperti pengelolaan SDA, perubahan iklim, ketahanan pangan, penanggulangan bencana alam, pelestarian lingkungan, tata ruang, serta pertahanan dan keamanan. Dalam seminar ini juga diselenggarakan talk show mengenai pemanfaatan penginderaan jauh dalam pembangunan nasional.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL