Kompetensi Utama

Layanan


Lapan dan Kementerian Keuangan Kerja Sama Pembinaan BLU
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 24 Apr 2014 • Dibaca : 16530 x ,

Kepala Lapan (dua dari kiri) bersama para pimpinan Kementerian dan Lembaga dalam Rapat Koordinasi BLU 2014.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin dan Menteri Keuangan, Muhammad Chatib Basri menandatangani naskah nota kesepahaman bersama (MoU) antara Lapan dengan Kementerian Keuangan, pada Rabu (23/4) di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat. Naskah MoU berisi tentang kerja sama Pembinaan Badan Layanan Umum di Lingkup Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

Badan Layanan Umum (BLU) merupakan satuan kerja di lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberi pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan. Sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan BLU terdapat dua institusi pembina BLU yaitu Kementerian Keuangan selaku pembina keuangan BLU, dan Kementerian/ Lembaga/ Dewan Kawasan selaku pembina teknis BLU.

MoU ini bermaksud untuk meningkatkan koordinasi antara Kementerian Keuangan dan Lapan dalam melaksanakan pembinaan terhadap BLU Lapan. Sementara itu, tujuannya untuk mewujudkan sinergi dalam pembinaan kinerja keuangan dan layanan yang komprehensif sebagai upaya peningkatan kinerja BLU.

“Pada prinsipnya, keuangan dan teknis BLU merupakan aspek yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan. Demikian juga halnya dengan pembinaan BLU. Oleh sebab itu, sangat diperlukan koordinasi yang baik antara pembina teknis dan pembina keuangan BLU. Koordinasi yang baik mewujudkan efektivitas pencapaian tujuan dan mendorong efisiensi dari kegiatan pembinaan,” ujar Chatib Basri dalam sambutannya.

Chatib Basri juga menjelaskan bahwa penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian/ Lembaga dan kontrak kinerja pimpinan BLU ini menjadi sangat strategis dalam rangka mendorong efisiensi dan penerapan tata kelola serta akuntabilitas BLU yang lebih baik.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowiryono dalam laporannya menyebutkan bahwa Direktorat Jenderal Pebendaharaan Kementerian Keuangan sebagai instansi induk dari seluruh BLU Kementerian/ Lembaga telah melaksanakan percepatan pembahasan tarif dan remunerasi pada BLU.

“Rincian tentang tarif adalah sebagai berikut, 62 tarif telah ditetapkan, 44 tarif sedang dalam proses penetapan dan 27 tarif dalam proses pengusulan oleh BLU. Untuk remunerasi, 12 remunerasi telah ditetapkan, 44 remunerasi sedang dalam proses penetapan, dan 114 remunerasi dalam proses pengusulan oleh BLU. Target selanjutnya yaitu menyelesaikan penetepan tarif dan remunerasi seluruh BLU yang jumlahnya 134 BLU,” Marwanto menjelaskan.

Kerja sama pembinaan BLU juga dilakukan oleh Kementerian Keuangan dengan Kementerian/ Lembaga lain yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Agama, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pertanian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Pekerjaan Umum, Kepala BPPT dan Gubernur Aceh selaku Ketua Dewan Kawasan Sabang.

Penandatanganan naskah nota kesepahaman tersebut dilakukan serentak secara seremonial dan menjadi bagian dari acara Rapat Koordinasi Satuan Kerja Badan Layanan Umum (BLU) 2014 dengan tema Sinergi Pembinaan BLU untuk Meningkatkan Kontribusi BLU dalam Memantapkan Perekonomian Nasional.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan kontrak kinerja antara Dirjen Perbendaharaan dengan para pimpinan BLU yang secara simbolis diwakili oleh Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Rektor ITS Surabaya, Rektor Unpad Bandung, Rektor UIN Syahid Jakarta, Dirut RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dan Kepala Balai Besar Industri Agro.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL