Kompetensi Utama

Layanan


Lapan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong Manfaatkan Sains dan Teknologi Dirgantara untuk Pembangunan
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 30 Apr 2014 • Dibaca : 62477 x ,

Sekretaris Utama Lapan IL Arisdiyo dan Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu saat menandatangani MoU Lapan-Parigi Moutong di Kantor Pusat Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (30/4).

Jakarta, lapan.go.id - Lapan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menandatangani naskah kerja sama dalam pemanfaatan sains dan teknologi kedirgantaraan untuk mendukung program pembangunan daerah Kabupaten Parigi Moutong.

Penandatanganan naskah kerja sama dilaksanakan pada Rabu (30/4) di Kantor Pusat Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur. Naskah yang dimaksud terdiri dari naskah Kesepakatan Bersama (MoU) yang akan ditandatangani oleh Sekretaris Utama Lapan I.L. Arisdiyo dan Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu, serta naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang akan ditandatangani oleh Kepala Biro Kerjasama dan Humas Lapan Agus Hidayat dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Parigi Moutong Hamka Lagala.

Dalam naskah MoU, ruang lingkup yang disepakati meliputi penelitian, pengembangan, perekayasaan, dan pemanfaatan teknologi dirgantara, teknologi penginderaan jauh serta sains atmosfer, iklim, dan antariksa. Sementara ruang lingkup yang tertuang dalam naskah PKS mengenai pemanfaatan teknologi penginderaan jauh. Untuk itu, Lapan masih membuka kesempatan kepada Pemkab Parigi Moutong untuk bekerja sama di bidang lainnya yang menjadi tugas pokok dan fungsi Lapan.

“Kami siap, jika Bapak mau (kerja sama) ada teknologi roket, satelit, Bapak bisa meminta kepada kami. Misal terjadi bencana alam yang sulit dijangkau dan ditolong, kami punya pesawat (UAV) yang bisa diterbangkan untuk memantau daerah Bapak, untuk mengetahui keberadaan korban supaya mudah dievakuasi,” Arisdiyo menjelaskan.

Arisdiyo menambahkan, kerja sama ini juga bisa diperluas pada bidang sains atmosfer, iklim dan antariksa. “Kalau Bapak ingin mengetahui cuacanya, iklim lokalnya, salah satu deputi kami yang di Bandung sudah mengkaji meneliti, mengembangkan model-model risetnya,” tambah Arisdiyo.

Dalam sambutannya, Samsurizal menyambut baik kerja sama ini dan berpesan kepada Kepala Bappeda Parigi Moutong untuk menjaga kontinuitas kerja sama. “Khusus kepada Bappeda saya harapkan kerja sama ini terus ditindaklanjuti, kalau dalam waktu tiga tahun sudah tutup, diadakan lagi, diperpanjang lagi sampai seterusnya. Kalau bisa selama ada Lapan dan Parigi Moutong kita kerja sama terus. Karena kerja sama ini tidak mendatangkan kerugian, bahkan berlipat-lipat keuntungannya,” ujarnya.

Bagi Lapan, kerja sama ini merupakan perwujudan amanat Pasal 20 Undang Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan bahwa Lapan wajib melakukan pembinaan dan menetapkan standardisasi data dan produk informasi serta metode pengolahan penginderaan jauh nasional, dan melakukan koordinasi kebutuhan pengadaan data penginderaan jauh dengan instansi terkait.

Sementara bagi Pemkab Parigi Moutong, kerja sama ini merupakan upaya peningkatan pembangunan daerah. Upaya tersebut dilaksanakan dengan cara memanfaatkan teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis untuk inventarisasi, pemantauan dan pengelolaan sumber daya alam serta lingkungan di wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

Selain itu, Lapan juga akan berkontribusi dalam pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Parigi Moutong untuk meningkatkan kemampuan dalam pengolahan dan analisis data satelit penginderaan jauh untuk inventarisasi dan pemantauan sumber daya alam.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL