Kompetensi Utama

Layanan


Lapan dan MUI Sepakat Bangun Kriteria Penentuan Awal Bulan Islam
Penulis Berita : Humas/TD • Fotografer : Humas/Ahida • 21 May 2014 • Dibaca : 14724 x ,

Kepala Lapan (kiri) memberikan cinderamata kepada pimpinan MUI.

Lapan dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sepakat untuk membangun kriteria penentuan awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah. Kesepakatan tersebut dicapat saat kunjungan kerja Kepala Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, ke MUI, Selasa (20/5). Pada kunjungan kerja tersebut, Kepala Lapan didampingi oleh Plt. Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Afif Budiyono, serta Kepala Biro Kerjasama dan Humas Agus Hidayat, dan Peneliti Bidang Astronomi, Abdul Rachman.

Thomas menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri. Selain itu, Ia juga menyampaikan keinginan Lapan untuk membantu MUI merealisasikan Fatwa MUI No. 2 Nomor 2004. Fatwa tersebut berisi rekomendasi agar MUI mengusahakan adanya kriteria penentuan awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah dengan membahasnya bersama ormas-ormas Islam dan para ahli terkait. Kemudian, kriteria tersebut kemudian dijadikan pedoman oleh Menteri Agama.

Pihak MUI menyambut baik gagasan tersebut dan sepakat untuk membentuk tim bersama. Tim tersebut akan menginventarisasi segala permasalahan yang ada dan merumuskan langkah-langkah penyelesaiannya. Tim bersama ini beranggotakan unsur fikih dan unsur astronomi dari MUI, Mahkamah Agung, Kementrian Agama, Lapan, ITB, dan perwakilan ormas Islam.

Kunjungan Kepala Lapan beserta rombongan tersebut diterima oleh pimpinan MUI yang terdiri dari Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian Prof. Dr. YunaharIlyas; Wakil Sekjen Tengku Zulkarnaen, Dr. Amirsyah Tambunan, dan Prof. Dr. Amini Lubis; Ketua Komisi Pengkajian dan Penelitian Prof. Dr. Utang Ranuwijaya;, Sekretaris Komisi Pengkajian dan Penelitian Dr. KH Cholil Nafis dan Wakil; dan Sekretaris Komisi Fatwa Sholahudin Al-Aiyub. Dalam waktu dekat Lapan akan menfasilitasi pertemuan tim bersama tersebut untuk memulai diksusi-diskusi menuju terbangunnya kriteria yang dapat diterima oleh semua pihak.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL