Kompetensi Utama

Layanan


Kepala Lapan Lantik Pejabat Eselon I
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/Meg • 23 May 2014 • Dibaca : 20895 x ,

Para Deputi di lingkungan Lapan diambil sumpah jabatan.

Kepala Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, melantik tiga pejabat struktural eselon I di lingkungan Lapan, Jumat (23/5). Pelantikan berlangsung di Balai Pertemuan Dirgantara Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur. Pejabat yang dilantik tersebut yaitu Dr. Orbita Roswintiarti sebagai Deputi Bidang Penginderaan Jauh; Afif Budiyono sebagai Deputi Bidang Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan; dan Dr. Rika Andiarti sebagai Deputi Bidang Teknologi Dirgantara.

Dalam sambutannya, Kepala Lapan mengatakan bahwa pejabat struktural dan pegawai Lapan harus berupaya untuk mewujudkan visi Lapan sebagai center of excellence (pusat unggulan). Dengan demikian, maka Lapan akan dihargai oleh mitra dan tentunya untuk mewujudkannya, Lapan juga harus memberikan pelayanan yang prima.

Ia menjelaskan, guna mewujudkan visi itu, maka diperlukan empat cara yaitu meningkatkan kompetensi, selalu berorientasi untuk meningkatkan layanan publik, meningkatkan kerja sama, dan membina sumber daya manusia. Terkait pembinaan sumber daya manusia, penggantian dan pembinaan pejabat struktural sangat penting karena merupakan bagian dari pola karier.

Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus memiliki pola karier yang jelas. Pola karier tersebut ditempuh dengan adanya jabatan fungsional yang sesuai dengan kompetensi pegawai dan jabatan struktural. Menurut Thomas, untuk menjadi pejabat struktural selain diperlukan kompetensi juga diperlukan kemampuan manajerial. ”Dalam manajerial yang terpenting adalah akseptabilitas baik ke bawah, ke atas, dan sejajar. Untuk itu, setiap orang harus dapat memfungsikan diri sebagai bagian dari solusi bukan masalah,” ujarnya.

Fungsi manajerial terkait dengan kepercayaan dalam pengelolaan anggaran dan sumber daya manusia. Kepala Lapan menegaskan bahwa tidak boleh ditolelir adanya penyimpangan terhadap pengelolaan anggaran. Jika terjadi penyimpangan maka kredibilitas akan jatuh.

Kredibilitas juga diperlukan dalam pembinaan sumber daya manusia. Ia mengatakan, pembinaan sumber daya manusia harus terjamin, didasarkan atas kompetensinya dan tanpa ada diskriminasi apapun agama, suku, maupun jenis kelaminnya. Ia menambahkan bahwa saat ini Lapan memiliki dua deputi perempuan. Ini merupakan bagian dari pembinaan karier tanpa diskriminasi. “Yang terpenting dalam pembinaan karier yaitu akseptabilitas,” Thomas menjelaskan.

Ia melanjutkan, akseptabilitas berhubungan dengan kepercayaan. Kepercayaan inilah yang sangat diperlukan dalam menjalankan jabatan. Kepala Lapan berharap, dengan kepercayaan, kejujuran, dan kerja keras, maka visi Lapan sebagai center of excellence akan segera tercapai.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL