Kompetensi Utama

Layanan


Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Kunjungi Lapan
Penulis Berita : Humas/BH • Fotografer : HUmas/BH • 05 Jun 2014 • Dibaca : 36215 x ,

Mahasiswa Universitas Soedirman menyimak pemaparan mengenai penginderaan jauh.

Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto mengunjungi Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Lapan di Pekayon, Jakarta Timur, Kamis (5/6). Kunjungan yang dilakukan oleh 46 mahasiswa Fakultas Pertanian Jurusan Perencanaan Sumber Daya Lahan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan pengetahuan.

Menurut Ketua Program Studi Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman, Dr. Muhammad Rif’an, kunjungan ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh wawasan ilmu tentang teknologi dan aplikasi penginderaan jauh yang dimiliki Lapan selain itu juga untuk melihat lebih dekat fasilitas Lapan.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Bidang Bank Data Penginderaan Jauh Lapan, Rubini Jusuf, memaparkan mengenai Undang-undang No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Ia menjelaskan bahwa Lapan mempunyai tugas dan fungsi sebagai pengendali data citra satelit dan pengembangan infrastruktur stasiun bumi untuk kegiatan penginderaan jauh.

Apa itu penginderaan jauh? Rubini mengatakan bahwa penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang objek, daerah, atau fenomena, melalui perolehan data dengan suatu alat atau sensor tanpa kontak langsung dengan objek, daerah, atau fenomena yang dikaji. Data penginderaan jauh tersebut kemudian diolah, dianalisis, dan diinterpretasikan.

Lebih lanjut Rubini menjelaskan, cara kerja penginderaan jauh yaitu dengan menempatkan satelit yang mengorbit bumi. Contoh satelit penginderaan jauh yaitu satelit Terra, Landsat, SPOT5, SPOT 6, Aqua, LCDM, NOAA. Di Lapan, data satelit tersebut diterima stasiun bumi penginderaan jauh di Parepare, Sulawesi Selatan, dan Jakarta.Selanjutnya, data tersebut disimpan dan didistribusikan ke pengguna sesuai dengan Kepputusan Presiden No. 6 Tahun 2012 tentang aturan pendistribusian data citra satelit resolusi Tinggi.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL