Kompetensi Utama

Layanan


Kepala Lapan Bertemu Pejabat CNSA di Wina
Penulis Berita : Humas/Ahida • Fotografer : Humas/Ahida • 12 Jun 2014 • Dibaca : 45482 x ,

Kepala Lapan (kanan) saat bertemu dengan Sekretaris Jenderal CNSA.

Kamis (12/6), Kepala Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, bertemu dengan Sekretaris Jenderal China National Space Administration (CNSA), Tian Yulong. Pertemuan tersebut pada sela-sela megikuti sidang ke 57 Komisi PBB tentang Penggunaan Antariksa Untuk Tujuan Damai (UNCOPUOS) di Wina, Austria. Keduanya membahas mengenai kelanjutan kerja sama antara Indonesia dengan Tiongkok di bidang pengembangan teknologi antariksa dan pemanfaatannya.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Lapan menjelaskan pentingnya kerja sama keantariksaan ini, terutama pasca disahkannya Undang-Undang No. 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan. Kerja sama tersebut akan meliputi pengembangan teknologi antariksa dan pemanfataan data penginderaan jauh. Kedua pihak sepakat untuk segera mengimplementasikan naskah kesepakatan antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Tiongkok diantaranya dengan melaksanakan joint committee meeting pada bulan September 2014 di Bejing.

Sementara itu, Tian Yulong menyampaikan mengenai komitmen Tiongkok untuk membantu Lapan dalam pengembangan teknologi keantariksaan, pemanfaatan data penginderaan jauh, dan rencana jangka panjang Indonesia untuk membangun dan mengoperasikan bandar antariksa. Dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai kemungkinan Tiongkok, Indonesia, dan negara-negara ASEAN membangun konstelasi satelit mikro untuk pemantauan sumber daya alam dan mendukung manajemen bencana. Gagasan ini akan dibahas juga dalam joint committee meeting mendatang.

Selain itu, pertemuan ini juga membahas rencana pemerintah Tiongkok untuk membangun regional space education center, dimana Indonesia diminta untuk menjadi salah satu anggota governing board.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL