Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Dukung Optimalisasi Pengumpulan Zakat Melalui Baznas
Penulis Berita : Humas/FHM-Dimas • Fotografer : Humas/Dimas • 04 Jul 2014 • Dibaca : 1714 x ,

Kepala Lapan membuka sosialisasi mekanisme pengumpulan zakat.

Jumat (4/7), Lapan mengadakan sosialisasi mengenai mekanisme teknis pengumpulan zakat. Hal ini diselenggarakan untuk menjalankan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat Melalui BAZNAS.

Dalam Inpres tersebut setiap Kementerian/ Lembaga, Komisi Negara, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD diinstruksikan untuk dapat melakukan optimalisasi pengumpulan zakat melalui BAZNAS.

Saat membuka acara Kepala Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa zakat bukanlah bersifat sukarela melainkan kewajiban sehingga musti dikumpulkan. Lapan akan melakukan pemotongan zakat penghasilan profesi sebesar 2,5% diberlakukan kepada pegawai yang beragama Islam dengan penghasilan bruto mencapa ini shab setara Rp.3.458.400,-. Bagi pegawai muslim berpenghasilan mencapai nishab yang berkeberatan dipotong zakat, harus mengajukan surat keberatan secara tertulis kepada kepala satker masing-masing. Pemotongan zakat penghasilan akan dilaksanakan mulai bulan Agustus 2014 untuk satker di Jakarta dan paling lambat bulan November 2014 untuk satker di luar Jakarta.

Wakil Bendahara BAZNAS, Teten Kustiawan, SE, Ak. Selaku pembicara memaparkan megenai pengelolaan zakat di Indonesia yang salah satu tujuannya adalah meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan. Teten juga memperlihatkan hasil penelitian IMZ bahwa dengan program zakat dapat mempercepat waktu pengentasan kemiskinan 1,9 tahun dibanding dengan program non zakat.

Zakat yang dikumpulkan BAZNAS akan disalurkan kepada para mustahik melalui program-program yang bersifat pemberdayaan (produktif) dan yang bersifat santunan (konsumtif). Program yang bersifat pemberdayaan (produktif) Antara lain Zakat Community Development, Rumah Makmur BAZNAS, Rumah Cerdas Anak Bangsa, Rumah Sehat BAZNAS, dan Rumah dakwah BAZNAS. Sedangkan Program yang bersifat konsumtif seperti Konter Layanan Mustahik dan Tanggap darurat Bencana.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL