Kompetensi Utama

Layanan


Kompetisi Roket Air Ciptakan SDM Iptek
Penulis Berita : Humas/Fhm/Sgd • Fotografer : Humas/Fhm/Sgd • 18 Aug 2014 • Dibaca : 11412 x ,

Pelaksanaan Kompetisi Roket Air Nasional 2014

Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2014 kembali digelar, kali ini diselenggarakan di komplek PPUSPIPTEK, Serpong, Banten. (16/08). KRAN 2014 diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2014. Kegiatan ini diikuti oleh 130 peserta usia 12 – 16 Tahun yang merupakan hasil seleksi dari kompetisi roket air di tingkat regional antara lain Solo, Semarang, Lampung, Bandung, Jabodetabek, Palembang, dan Jawa Timur.

Pada acara pembukaan, dalam sambutannya, Deputi Pemberdayaan Iptek, Dr. Pariatmono mengatakan “kompetisi ini sangat penting dalam menumbuhkan kecintaan, bukan hanya kecintaan terhadap bangsa dan negara tetapi kecintaan terhadap ilmu pengentahuan dan teknologi”. Ia menambahkan, "kita berharap tidak lama lagi, Indonesia bertekad memajukan kedirgantaraan, karena tanpa memajukan kedirgantaraan maka negara kita hanya menjadi negara pupuk bawang (pemain kelas dua).”

KRAN 2014 adalah pelaksanaan kompetisi roket air ke 7 yang dilaksanakan oleh PP IPTEK, Kemenristek, dan merupakan pelaksanaan kompetisi roket air asia pasifik dibawah APRSAF ke-21. Pemenang dari KRAN 2014 ini akan dikirim ke Jepang untuk mengikuti Kompetisi Roket Air di tingkat Asia Pasifik. Adapun pemenang dari KRAN 2014 adalah, Juara I, Assyifa Nur Fadila dari SMP Negeri 1 Wates, Juara 2, Syani Maharani dari SMP Negeri 1 Padalarang dan Juara 3, Muh. Ravelino Putra dari SMP Kosgoro Bogor.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan, Jasyanto, menyebutkan bahwa Kompetisi Roket Air ini selaras dengan program Lapan yaitu Edukasi Keantariksaan. Salah satu misi Lapan adalah memberikan edukasi keantariksaan kepada insan pendidikan melalui pendidikan dasar keantariksaan yang menimbulkan minat dalam iptek keantariksaan seperti acara KRAN ini.

Sebagai penutup, Direktur PP IPTEK, Ari Hendratno Saleh memberikan semangat bagi anak-anak untuk terus bermimpi. Anak-anak ini nantinya menjadi sumber daya manusia ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) melalui penelitian-penelitian sehingga Indonesia akan maju di bidang ini. Ia juga memberikan selamat kepada para pemenang dan memohon agar sekolah mendampingi insan-insan berprestasi tersebut untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah masing-masing.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL