Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Siap Jajaki Kerja Sama dengan UMY
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/YS • 15 Aug 2014 • Dibaca : 30821 x ,

Lapan dan UMY membahas mengenai penjajakan kerja sama di bidang pendidikan dan riset.

Pelaksanaan kegiatan Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan kerja sama Lapan dengan berbagai mitra, khususnya perguruan tinggi. Pertemuan intensif antara Lapan dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengusung kebijakan pimpinan untuk mengikatkan diri dalam jalinan kerja sama antara lain di bidang riset dan pendidikan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia Kegiatan Komurindo dan Kombat 2014, Toni K. Hariadi, dalam Konferensi Pers Komurindo dan Kombat, Kamis (14/08). Toni yang juga sebagai Kepala Kantor Urusan Kerjasama Internasional UMY mengungkapkan, “penyelenggaraan Komurindo dan Kombat kali ini membuka wawasan kami tentang Lapan dengan sepak terjangnya di bidang riset kedirgantaraan. Untuk itu, kami tidak ingin menyia-nyiakan peluang ini untuk bekerja sama dengan sasaran mendirikan sebuah pusat studi tentang astronomi dan aerospace, serta kegiatan-kegiatan riset lainnya.” 

Keinginan tersebut disambut baik oleh Lapan. Deputi Bidang Teknologi Dirgantara, Dr. Rika Andiarti dalam rapat perintisan kerja sama mengatakan, “Lapan bergelut di bidang riset kedirgantaraan yang meliputi tiga bidang yaitu bidang sains atmosfer dan antariksa, bidang teknologi dirgantara, dan bidang penginderaan jauh. Kami sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan pihak perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di kalangan pelajar dan mahasiswa di Indonesia,” imbuh Rika.

Sinergi antara Lapan dengan UMY diharapkannya dapat menyusul jalinan kerja sama yang telah dibina Lapan sebelumnya dengan beberapa perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Dengan demikian, sehingga jalinan yang kuat di kalangan civitas akademika untuk mengemban misi memajukan pendidikan masyarakat Indonesia bertambah. “Kreativitas dan peran aktif mahasiswa sangat dibutuhkan dalam memajukan dunia teknologi, salah satunya teknologi antariksa. Hal ini akan mendukung kinerja Lapan dalam mengembangkan dunia riset kedirgantaraan,” paparnya. 

Sebagai tindak lanjut, Lapan akan melakukan inventarisasi kebutuhan kerja sama yang segera diimplementasikan ke dalam kegiatan-kegiatan satuan kerja di Lapan. Rintisan kerja sama ini menjadi titik tolak hubungan sinergitas kedua pihak di berbagai bidang untuk memajukan pembangunan nasional di bidang pendidikan dan riset.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL