Kompetensi Utama

Layanan


Tingkatkan Inovasi, Lapan dan Tujuh Perguruan Tinggi Kerja Sama Sains dan Teknologi Keantariksaan
07 May 2014 • Dibaca : 35998 x ,

Lapan, sebagai lembaga penelitian dan pengembangan di bidang antariksa, perlu meningkatkan sinergi dan kolaborasi riset dengan tujuh perguruan tinggi Indonesia. Ketujuh Perguruan tinggi tersebut yaitu Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Telkom University Bandung, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), dan Surya University Tangerang. 

Sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama yang akan berlangsung pada Kamis (8/5) pukul 09.00 WIB di Kantor Pusat Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur. Naskah kerja sama tersebut yaitu enam naskah nota kesepahaman bersama antara Lapan dengan Unpad, UGM, Undana, Telkom University, Surya University dan PENS, serta tiga naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Lapan dengan Unpad, Undip dan Undana. 

Naskah tersebut akan ditandatangani oleh Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, Rektor Universitas Padjadjaran Ganjar Kurnia, Rektor Universitas Gadjah Mada Pratikno, Rektor Universitas Nusa Cendana Fredrik L. Benu, Rektor Telkom University Mochamad Ashari, Rektor Surya University Yohanes Surya, dan Direktur PENS Zainal Arief. Sementara itu, PKS akan ditandatangani Sekretaris Utama Lapan IL Arisdiyo, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Unpad Med. Setiawan. Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Lapan Agus Hidayat akan menandatangani naskah PKS dengan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Undana M.L. Gaol dan Dekan Fakultas Sains dan Matematika Undip Muhammad Nur.

Kerja sama ini bertujuan untuk membangun dan memperkuat jejaring kemitraan, meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas riset guna menghasilkan inovasi teknologi yang dapat mengatasi permasalahan aktual dalam pembangunan. Undana bersinergi dengan Lapan dalam pemanfaatan sains antariksa di wilayah Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya. Undip bersinergi dengan Lapan dalam pemanfaatan teknologi satelit. Sementara itu, Unpad bekerja sama dengan Lapan dalam penelitian, pendidikan dan pemanfaatan iptek kedirgantaraan. Kerja sama ini juga untuk meningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). 



Jakarta, 7 Mei 2014

Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Ir. Jasyanto, MM. (Hp.081286287632). 
Email: humas@lapan.go.id








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL