Kompetensi Utama

Layanan


Satelit Mampu Deteksi Dini Kebakaran Hutan
17 Apr 2014 • Dibaca : 33895 x ,

Kebakaran hutan dapat dideteksi sedini mungkin. Dengan demikian berbagai upaya preventif dapat dilakukan untuk mencegah meluasnya kebakaran. Pendeteksian dini tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan data satelit penginderaan jauh. 

Data satelit penginderaan jauh digunakan sebagai dasar untuk membangun Fire Danger Rating System (FDRS) atau Sistem Pemeringkatan Bahaya Kebakaran. Hasil dari sistem tersebut berupa peringkat suatu lokasi terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran (aman, sedang, tinggi, sangat tinggi). Peringkat ini dapat dijadikan sebagai masukan bagi para pengambil keputusan dan kebijakan untuk melakukan berbagai upaya pencegahan.

FDRS ditentukan berdasarkan data permukaan bumi yang diterima oleh satelit. Dari data satelit tersebut dapat diketahui temperatur wilayah, kerentanan daerah tersulut api, tingkat kesulitan penanganan api di wilayah tersebut, dan indikator titik panas yang menunjukkan adanya aktivitas kebakaran. Data-data ini menentukan tingkat kerentanan suatu wilayah hutan atau lahan terhadap terjadinya kebakaran. Dengan adanya FDRS ini, maka kebakaran hutan dapat diprediksi beberapa hari sebelum meluas.

Selain sebagai peringatan dini atau pra bencana, penginderaan jauh sangat bermanfaat untuk memberi informasi pada saat bencana dan pasca bencana. Misalnya, ketika telah terjadi kebakaran, data penginderaan jauh juga dapat membantu dalam menentukan lokasi titik api, yang sangat bermanfaat untuk upaya pemadaman. Pada pasca bencana, data penginderaan jauh berperan untuk inventarisasi luasan kerusakan yang diakibatkan oleh bencana kebakaran dan perencanaan untuk merehabilitasi lokasi bencana.

Guna mendiseminasikan potensi pemanfaatan data satelit penginderaan jauh dalam bidang bencana dan bidang lainnya, Lapan akan mengadakan Seminar Nasional Penginderaan Jauh. Kegiatan ini akan berlangsung pada Senin, 21 April 2014 pukul 09.00-16.30 WIB di IPB Convention Center, Bogor, Jawa Barat. Seminar akan membahas isu-isu nasional dan berbagai penemuan di bidang aplikasi penginderaan jauh.

Seminar ini bertema Penguatan Kemandirian melalui Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pembangunan Nasional. Selain mengenai potensi kebakaran hutan yang harus diwaspadai pada Juni hingga Agustus tahun ini, dalam seminar ini juga akan dibahas mengenai aplikasi penginderaan jauh dalam pemantauan perubahan wilayah kawasan hutan Kalimantan, pemantauan danau di Indonesia, dan perencanaan pembangunan.



Jakarta, 17 April 2014

Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Ir. Jasyanto, MM. (Hp.081286287632). 
Email: humas@lapan.go.id








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL