Kompetensi Utama

Layanan


Budaya Kerja Harmonis Wujudkan Visi dan Misi Lapan
Penulis Berita : Humas/Meg/EZ/Sudirman/Inawati • Fotografer : Dok. Humas • 20 Aug 2014 • Dibaca : 19835 x ,

Setiap orang harus menjadi matahari. Matahari bersinar karena kualitas dirinya sendiri. Planet-planet pun mengikuti karena bobot matahari tersebut. Matahari bercahaya untuk memberikan cahaya bukan membakar. Begitu pula setiap individu, harus dapat bersinar dan diikuti karena kualitas dirinya serta memberikan cahaya atau bermanfaat. Hal tersebut dijelaskan Kepala Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, mengutip pernyataan Imam Al Gazali, saat halal bi halal di lingkungan Lapan, Rabu (13/8), di Kantor Pusat Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur.

Kutipan tersebut dimaksudkan untuk memberikan semangat bagi para pegawai Lapan untuk semakin meningkatkan kinerja. Dengan demikian, kualitas diri pun akan meningkat. Jika kualitas setiap pegawai meningkat, maka kualitas unit kerja pun akan meningkat. Pada akhirnya, kualitas Lapan juga akan meningkat dan Lapan dapat mewujudkan visi untuk menjadi pusat keunggulan keantariksaan.

Thomas menjelaskan, setiap orang memiliki peran masing-masing yang bermanfaat bagi lembaga ini. Ia mengajak semua pegawai mengejar prestasi di bidang masing-masing untuk membangun Lapan. Dengan demikian, Lapan akan unggul di empat kompetensi utamanya yaitu sains, teknologi, pemanfaatan, dan kajian keantariksaan.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Lapan memiliki beberapa misi. Misi tersebut yaitu menunjukkan atau meningkatkan empat kompetensi utama Lapan. Bukti dari kompetensi yang diukur yaitu publikasi, paten, dan akuntabilitas administrasi.

Misi berikutnya yaitu meningkatkan layanan publik misalnya layanan informasi, data, dan produk. Kepala Lapan mengatakan, untuk layanan publik ini, Lapan telah dinilai oleh Ombudsman cukup berhasil. Kemudian, Lapan juga memiliki misi sebagai pengawasan atau regulator. “Jadi, Lapan bukan hanya menjadi penyelenggara, melainkan juga membuat regulasi-regulasi keantariksaan,” ujarnya.

Selain di kantor pusat, silaturahmi Kepala Lapan dengan karyawan Lapan juga dilaksanakan di Kedeputian Penginderaan Jauh, Rabu (13/8), Kedeputian Teknologi Kedirgantaraan, Kedeputian Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan. Dalam Silaturahmi di satuan kerja tersebut, Kepala Lapan menyerahkan duplikat penghargaan layanan publik dari Ombudsman kepada seluruh Kepala Pusat dan Kepala Biro. Penghargaan tersebut merupakan Predikat Kepatuhan dari Ombudsman Republik Indonesia mengenai Standar Pelayanan Publik sesuai Undang-undang Nomor 25 tahun 2009.

Menurut Kepala Lapan, saat acara di Pusat Teknologi Penerbangan Rumpin, Selasa (12/8), silaturahmi ini penting bagi lembaga karena akan mencairkan komunikasi. Dengan demikian, Lapan diharapkan akan lebih mudah berkoordinasi dalam upaya menjadi institusi yang terbaik dan menjadi pusat keunggulan.

Dalam halal bi halal di Kedeputian Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lapan di Bandung, Senin (18/8), Kepala Lapan menyampaikan satu filosofi Jepang untuk dijadikan renungan. “Satu paku tidak semestinya menonjol dari yang lain. Pola pikir yang harus dikembangkan saat ini adalah maju dan belajar bersama,” ujarnya.

Kepala lapan mengatakan bahwa knowledge managemeny yang harus dipupuk adalah untuk tidak ragu berbagai ilmu dan informasi kepada orang lain. Hal ini untuk kemajuan organisasi. “Jika mempunyai ide, metode, atau referensi baru hendaknya tidak dipegang hanya untuk sendiri tetapi akan lebih bermanfaat bila dibagi dengan orang lain,” ia melanjutkan.

Filosofi ini dapat diwujudkan dengan silaturahmi. Kepala Lapan mengatakan bahwa silaturahmi sangat penting untuk menjaga kebersamaan di lingkungan kerja. Hal ini akan menumbuhkembangkan hubungan dan budaya kerja yang harmonis. Dengan demikian, visi dan misi organisasi akan tercapai. Kebersamaan tersebut akan menunjukkan bahwa semua karyawan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam proses pencapaian tujuan organisasi.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL