Kompetensi Utama

Layanan


FESTIVAL SAINS ANTARIKSA 2014
29 Aug 2014 • Dibaca : 45165 x ,

Kontribusi Sains dan Teknologi Antariksa untuk Kehidupan Umat Manusia yang Lebih Baik


LAPAN akan menyelenggarakan Festival Sains Antariksa. Kegiatan ini akan berlangsung pada hari Sabtu, 11 Oktober 2014 bertempat di Pusat Sains Antariksa LAPAN, Jl. Dr. Djundjunan 133 Bandung, pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Kegiatan Festival Sains Antariksa akan di ikuti oleh 500 orang terdiri : Siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA berikut Guru Pendamping dan Undangan dari seluruh Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai antariksa, pengetahuan astronomi melalui eksplorasi alam semesta, melakukan ekperimen yang terkait dengan antariksa serta bagaimana memanfaatkan ruang angkasa dengan lebih baik untuk kepentingan manusia di masa depan serta memperkenalkan LAPAN dengan lebih luas kepada kalangan masyarakat. Sedangkan sasaran dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan minat, menambah wawasan dan mendekatkan antariksa pada generasi muda melalui berbagai ekperimen, imajinasi dan pengetahuan mengenai keantariksaan.

PBB pada Sidang Umum tahun 1999 mengeluarkan resolusi, bahwa tanggal 4 sampai 10 Oktober merupakan Pekan Antariksa Dunia untuk merayakan kontribusi sains dan teknologi antariksa untuk kehidupan umat manusia yang lebih baik. Indonesia sebagai negara anggota PBB turut serta dalam merayakan Pekan Antariksa Dunia dan LAPAN, khususnya Pusat Sains Antariksa, yang merupakan satu-satunya lembaga pemerintah yang bergerak dalam riset antariksa turut berpartisipasi dalam even internasional ini.

Pada tahun 2014 ini, Pekan Antariksa Dunia memiliki tema ”Space: Guiding Your Way” yang merupakan tema mengenai pengetahuan dan informasi segala hal tentang satelit navigasi. Kita mengetahui bahwa beberapa dekade terakhir, perkembangan teknologi antariksa sangat pesat. Manusia menggantungkan segala aspek kehidupannya terhadap satelit, salah satunya adalah satelit navigasi yang dipergunakan oleh pesawat terbang, kapal laut, bahkan ponsel pintar kita. Beberapa konstelasi satelit navigasi adalah GPS, Galileo, GLONASS dan Beidou.

Festival Sains Antariksa sebagai kegiatan tahunan Pusat Sains Antariksa LAPAN untuk memberikan diseminasi dan transfer ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan dunia antariksa dan tujuannya dalam meningkatkan kehidupan manusia menjadi lebih baik.

Kegiatan ini akan dilaksanakan menjadi 2 (dua) bagian :

Khusus Undangan
Ceramah dengan tema “Space: Guiding Your Way” oleh:
1. Abdul Rachman, MSi. dengan judul “ Sejarah Perkembangan Navigasi Manusia”
2. Prayitno Abadi, MSi. dengan judul “Perkembangan Satelit Navigasi dan Fungsinya”
Lomba Menggambar bagi pelajar kelas 1 – 3 SD
Lomba Kuis Mirip Ranking 1 bagi pelajar kelas 4 – 6 SD
Lomba KTI Penjelajahan Planet Baru bagi pelajar SMP/MTs
Lomba KTI Microgravity X-periment bagi pelajar SMA/SMK/MA

Terbuka untuk Umum (Open House)
1. Pameran Alat Peraga Sains Antariksa dan Sains Teknologi Atmosfer
2. Planetarium Mini
3. Ular Tangga Antariksa
4. Pengamatan Matahari

Informasi Lengkap dapat dilihat di fsa 2014.sains.lapan. go. id








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL