Kompetensi Utama

Layanan


Pesawat Cessna 206 PK-LPN Tambah Kekuatan Penelitian Penerbangan
Penulis Berita : Humas/Sur • Fotografer : Humas/Sur • 28 Aug 2014 • Dibaca : 13329 x ,

Pesawat Cessna 206 PK-LPN saat mendarat di Lanud Budiarto, Curug.

Pesawat Cessna 206 PK-LPN diserahterimakan kembali dari PT Deraya kepada Lapan. Serah terima tersebut ditandai dengan penerbangan pesawat selama 20 menit dari Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, ke Lanud Budiarto, Balai Kalibrasi, Curug, Jawa Barat, Kamis (28/8). Menurut Kapten Pilot dan mekanik, pesawat ini masih sangat layak untuk terbang.

Dalam serah terima tersebut, Kepala Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa dengan diserahkannya pesawat ini kepada Lapan akan memberikan kekuatan batu bagi Lapan dalam penelitian dan pengembangan teknologi penerbangan. Dengan demikian, Lapan bukan hanya memahami teori pengembangan pesawat saja, melainkan juga memahami cara mengoperasikannya. Keberadaan pesawat ini akan meningkatkan eksistensi Pusat Teknologi Penerbangan Lapan yang juga sudah berhasil mengembangkan Lapan Surveillance UAV (LSU) dan Lapan Surveillance Aircraft (LSA).

Kepala Lapan menjelaskan bahwa terdapat tiga aspek pembelajaran bagi Lapan yang diperoleh dari proses penyerahan pesawat ini. Aspek pertama yaitu teknik penerbangan, aspek kedua yaitu pemanfaatannya, dan aspek ketiga yaitu asministrasi.

“Dari aspek teknik penerbangan, dengan adanya pesawat tersebut menjadi tantangan bagi Pusat Teknologi Penerbangan untuk mengembangkan penelitiannya di masa depan. Selanjutnya, dari aspek pemanfaatannya, diharapkan pesawat ini dapat dipergunakan dalam berbagai penelitian Lapan. Untuk administrasi, serah terima ini merupakan sarana pembelajaran untuk mengelola aset kekayaan negara,” ujarnya.

Kepala Lapan menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, Lapan perlu memikirkan berbagai fasilitas seperti hangar dan landasan untuk operasional pesawat.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL