Kompetensi Utama

Layanan


Pelantikan Pejabat Eselon II dan III, Pegawai Harus Tentukan Arah Karier
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/Rizki • 21 Oct 2014 • Dibaca : 14965 x ,

Pejabat yang dilantik mengucapkan sumpah jabatan.

Kepala Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin melantik pejabat struktural eselon II dan III di lingkungan Sekretariat Utama, Inspektorat, dan Kedeputian Penginderaan Jauh. Pelantikan berlangsung di Balai Pertemuan Dirgantara Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (21/10).

Dalam sambutannya, Kepala Lapan mengatakan bahwa pergantian pejabat adalah bagian dari dinamika kehidupan organisasi. “Organisasi ibarat tubuh yang memerlukan penyegaran dan para pejabat ibarat darah yang perlu diganti untuk penyegaran tubuh tersebut,” ujarnya.

Ia melanjutkan, pergantian pejabat merupakan hal yang wajar. Dalam Undang-undang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), pejabat tinggi setingkat eselon II dan I maupun kepala lembaga nantinya dipilih secara terbuka atau melalui lelang jabatan.

Kepala Lapan menjelaskan, dalam UU ASN terdapat tiga kompetensi pemilihan pejabat, yaitu kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosio kultural. Untuk kompetensi teknis, umumnya sumber daya manusia Lapan telah menguasainya karena terkait dengan kompetensi khusus. Yang perlu dibangun yaitu kompetensi manajerial melalui pelatihan seperti diklat pimpinan dan membangun kerja sama dalam suatu kegiatan bersama. Sementara itu, kompetensi sosial kultural yaitu cara melayani masyarakat, memahami keberagaman, memahami aspirasi masyarakat.

Ketiga kompetensi tersebut harus terus dibangun dalam pengembangan SDM. Salah satu pengembangan SDM yaitu melalui pola karier. Kepala Lapan mengatakan bahwa setiap pegawai harus menentukan arah kariernya. Ia menjelaskan bahwa menurut UU ASN, terdapat tiga jabatan yaitu jabatan administrasi, jabatan fungsional, dan jabatan pimpinan tinggi. “Pejabat fungsional yang lebih banyak kegiatan teknis, ditambah dengan kompetensi sosial kultaural, maka dapat dipromosikan untuk menjadi pejabat sruktural,” ujarnya.

Saat ini, Lapan menghadapi tantangan yang semakin berat. Thomas mengatakan bahwa pada 2015, Lapan akan melaksanakan renstra 2015-2019 dan memiliki visi sebagai pusat unggulan. Untuk itu, ada target-target yang harus dipenuhi seperti memperbanyak publikasi ilmiah. Guna mencapai target ini, masing-masing unit harus memiliki strategi termasuk unit manajemen di lingkungan Sekretariat Utama yang bukan lagi hanya sebagai unit pendukung, melainkan unit penggerak yang memiliki peran penting.

Begitu pula dengan Inspektorat. “Inspektorat terkait tidak hanya sebagai audit keuangan dan aset saja tetapi harus sudah mulai dituntut untuk mengaudit kinerja. Dengan demikian, semua unit kerja harus sudah siap untuk diaudit kinerjanya dan harus mempersiapkan diri. Kinerja itu yang akan menjadi ukuran penilaian bagi semua pegawai,” ia memaparkan.

Berikut adalah daftar pejabat struktural eselon I dan II yang dilantik.

I. INSPEKTORAT
1Ratih Pratiwi (Inspektur, Eselon II/A)

II. SEKRETARIS UTAMA
Biro Perencanaan Dan Organisasi

1. Mokhamad Reza Syeilendra Permana (Kepala Bagian Organisasi dan Hukum, Eselon III/A)

Biro Umum
2. Ariwarty Marganingsih (Kepala Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga,  Eselon III/A)

III. KEDEPUTIAN BIDANG PENGINDERAAN JAUH
Pusat Teknologi Data Dan Penginderaan Jauh

1. Ayom Widipaminto (Kepala Bidang Teknologi Akuisisi dan Stasiun Bumi, Eselon III/A)

Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh
1. Dr. M. Rokhis Komarudin (Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Eselon II/A)
2. Parwati (Kepala Bidang Lingkungan dan Mitigasi Bencana,  Eselon III/A)



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL