Kompetensi Utama

Layanan


Mahasiswa Telkom University Pelajari Sistem Satelit di Lapan
Penulis Berita : Humas/Unggul • Fotografer : dok. Pusteksat • 30 Oct 2014 • Dibaca : 29156 x ,

Peneliti Lapan menjelaskan mengenai sistem tracking satelit Lapan kepada mahasiswa Telkom University.

Mahasiswa Program Studi Telekomunikasi Telkom University mengunjungi Pusat Teknologi Satelit Lapan di Rancabungur, Bogor, Selasa (28/10). Kegiatan ini merupakan kunjungan industri agar mahasiswa dapat mengetahui peranan ilmu yang dipelajarinya dalam aplikasi di dunia nyata. Selain itu, kegiatan ini juga akan memperkaya pengetahuan mereka mengenai penerapan ilmu telekomunikasi.

Dalam kunjungan tersebut, peneliti Pusat Teknologi Satelit Lapan, Wahyudi Hasbi, menjelaskan mengenai subsistem yang terdapat dalam satelit. Ia mengatakan, satelit harus melakukan transmit berkali-kali dengan power yang besar. Untuk itu, satelit harus memiliki baterai yang bagus dan banyak serta memiliki solar panel yang luas.

Pembangunan satelit harus melewati beberapa tahapan. Wahyudi menjelaskan bahwa terdapat parameter-parameter yang harus terpenuhi yaitu konsep, kajian-kajian, pembuatan engineering model, dan pembuatan flight model. Setelah semua tahap selesai dan satelit sudah mengorbit, kemudian diperlukan sistem untuk mengontrol perilaku satelit.

Satelit tidak dapat beroperasi sendiri. Staf Bidang Teknologi Ruas Bumi Lapan, Unggul Satrio, memaparkan bahwa dalam mendukung fungsi satelit, juga harus disiapkan sistem pengirim dan penerima perintah data. Sistem ini yaitu ground station (stasiun bumi) yang menjadi jembatan komunikasi manusia dengan satelit di ruang angkasa.

Selain memaparkan mengenai teknis satelit, Wahyudi juga menjelaskan mengenai road map pengembangan satelit Lapan. Ia mengatakan bahwa Lapan telah berhasil membangun satelit Lapan A1 atau Lapan-Tubsat yang diluncurkan pada 10 Januari 2007. Hingga kini, satelit tersebut masih berfungsi. Lapan juga telah membangun satelit generasi berikutnya yaitu Lapan A2. Satelit tersebut bermuatan kamera, APRS untuk komunikasi radio, dan AIS untuk memantau pergerakan kapal laut.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL