Kompetensi Utama

Layanan


Penginderaan Jauh, Kunci Pengembangan Maritim Indonesia
30 Oct 2014 • Dibaca : 47260 x ,

Lapan dan Universitas Udayana akan menyelenggarakan Pan Ocean Remote Sensing Conference (PORSEC). Kegiatan ini akan berlangsung pada 4 hingga 7 November 2014 di Prama Sanur Beach Hotel, Jl. Danau Tamblingan, Sanur, Bali. Tema konferensi ini yaitu Ocean Remote Sensing for Sustainable Resources.

PORSEC merupakan organisasi yang didedikasikan guna membantu negara-negara berkembang untuk meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan khusunya aplikasi teknologi penginderaan jauh untuk kelautan. Konferensi yang diselenggarakan setiap dua tahun ini akan dihadiri oleh 400 peserta dari dalam maupun luar negeri. Peserta merupakan para profesional di bidang penginderaan jauh dan juga dari lembaga-lembaga antariksa berbagai negara seperti Lapan, JAXA (Jepang), dan NASA (Amerika Serikat).

Bagi Indonesia, kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan bangsa ini dalam mengelola wilayah lautnya. Indonesia merupakan negara maritim yang besar. Kondisi ini mengharuskan negara ini memberikan banyak perhatian kepada bidang kelautan. Sesuai dengan visi Presiden RI ke-7, saat ini Indonesia sedang berupaya untuk meningkatkan kemajuan di sektor maritim.

Guna mendukung pembangunan di bidang maritim, diperlukan teknologi yang mampu memantau laut secara menyeluruh dan sistematik. Salah satunya yaitu dengan teknologi antariksa melalui penginderaan jauh. Teknologi penginderaan jauh dengan menggunakan satelit sangat bermanfaat untuk pemantauan sumber daya alam di laut. Misalnya untuk pemantauan terumbu karang dan perencanaan pendayagunaan laut untuk berbagai sektor seperti ekonomi dan pariwisata.

Dengan teknologi penginderaan jauh, aspek fisika dan biologi laut seperti suhu permukaan laut dan kandungan klorofilnya dapat terdeteksi. Unsur-unsur ini sangat penting untuk mengetahui keberadaan ikan di laut melalui sistem Zona Potensi Penangkapan Ikan Indonesia (ZPPI). Dengan adanya ZPPI, nelayan akan mudah mengetahui lokasi yang terdapat banyak ikan.

Contoh lain pentingnya penginderaan jauh di bidang kelautan yaitu untuk memberikan informasi spasial pulau-pulau terluar. Tujuannya yaitu untuk identifikasi dan perencanaan pengembangan pulau terluar yang terpadu. Informasi penginderaan jauh ini akan sangat bermanfaat bagi pemantauan keamanan laut.

Dengan adanya penginderaan jauh ini, pemantauan potensi sumber daya alam dan keamanan laut akan lebih efisien dan efektif. Hal ini disebabkan oleh kemampuan satelit dalam memberikan informasi dengan cakupan yang luas.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL