Kompetensi Utama

Layanan


Pengembangan Maritim Perlu Penginderaan Jauh
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/Meg • 04 Nov 2014 • Dibaca : 19904 x ,

Kepala Lapan memberikan sambutan saat pembukaan PORSEC 2014.

Pengembangan maritim menjadi salah satu program utama pemerintah saat ini. Teknologi antariksa, salah satunya penginderaan jauh, dapat mendukung terlaksananya program tersebut. Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, saat memberikan sambutan pada pembukaan Pan Ocean Remote Sensing Conference (PORSEC) di Sanur, Bali, Selasa (4/11).

Thomas menjelaskan, data penginderaan jauh memiliki manfaat yang besar bagi maritim. Ia menyebutkan, penginderaan jauh dapat memantau lingkungan pantai, menyediakan informasi mengenai Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) yang berkontribusi untuk ekonomi , dan memantau pulau-pulau kecil di nusantara.

“Indonesia memiliki lebih dari 13.000 pulau. Penginderaan jauh memiliki peran yang sangat penting bagi pemantauan pulau-pulau tersebut. Pemantauan ini akan mendukung dalam pengembangan wilayahnya dan keamanan nasional,” ujar Thomas.

Senada dengan Kepala Lapan, Rektor Universitas Udayana, saat sambutan pada kegiatan ini, mengatakan bahwa penginderaan jauh sangat penting untuk mendukung misi pemerintah. “Mengingat Indonesia memiliki lebih banyak lautan dibandingkan dengan daratan, penginderaan jauh akan sangat bermanfaat untuk mendeteksi sumber daya laut guna kemajuan Indonesia,” ujarnya.

PORSEC merupakan organisasi yang bertujuan membantu negara-negara berkembang dalam meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan khususnya aplikasi teknologi penginderaan jauh untuk kelautan. Tahun ini, konferensi bienal tersebut bertema Ocean Remote Sensing for Sustainable Resources. Presiden PORSEC, Prof. Danling Tan, mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menstimulasi negara-negara dalam menggunakan data penginderaan jauh guna meningkatkan kapasitasnya.

Lebih lanjut, menurut Kepala Lapan, konferensi ini merupakan ajang untuk berbagi pengetahuan dan penelitian dalam pengembangan teknologi penginderaan jauh. Hal ini akan bermanfaat bagi pelestarian lingkungan hidup di wilayah laut.

PORSEC yang berlangsung pada 4 hingga 7 November di Prama Sanur Beach Hotel ini diselenggarakan oleh Lapan dan Universitas Udayana. Dalam kegiatan ini para peneliti dan mahasiswa berkumpul dengan tujuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi penginderaan jauh untuk kepentingan manusia. Selain seminar, konferensi ini juga menghadirkan pameran hasil-hasil penelitian berbagai lembaga terkait bidang ini, termasuk Lapan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL