Kompetensi Utama

Layanan


Data Inderaja Lapan Dukung Visi Kemaritiman Nasional
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/Meg • 05 Nov 2014 • Dibaca : 35462 x ,

Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan memaparkan peran Lapan dalam menyediakan data penginderaan jauh terkait

Data penginderaan jauh yang dimiliki Lapan sangat baik untuk dimanfaatkan dalam mendukung kesinambungan sumber daya pesisir dan laut. Hal tersebut dijelaskan oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan, Dr. Orbita Roswintiarti, dalam presentasinya pada Pan Ocean Remote Sensing Conference (PORSEC) 2014 di Sanur, Bali, Selasa (4/11).

Orbita mengatakan, Lapan menerima data penginderaan jauh dari berbagai satelit. Data tersebut memiliki beragam resolusi yaitu rendah, menengah, dan tinggi. Data-data tersebut diperoleh dari stasiun bumi milik Lapan dan telah dimanfaatkan untuk bidang kemaritiman.

Pemanfaatan tersebut salah satunya yaitu untuk pemutakhiran data dan pemantauan pulau-pulau kecil di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk melaksanakan Peraturan Presiden RI Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-pulau kecil terluar. “Untuk pulau-pulau kecil, Lapan memiliki data satelit SPOT dengan resolusi tinggi. Dengan data penginderaan jauh, dapat diketahui kondisi pulau dan lingkungan di sekitarnya. Selain itu, kepadatan pulau tersebut dapat diketahui,” ujarnya.

Untuk bidang perikanan, Orbita menjelaskan, Lapan juga memberikan data dan informasi mengenai Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI). Lapan memberikan informasi mengenai ZPPI tersebut kepada kantor perikanan daerah. Dengan demikian, nelayan dapat terbantu dalam memperoleh informasi mengenai keberadaan ikan.

Penginderaan jauh juga sangat berguna dalam memetakan dan memantau hutan bakau. Ia menjelaskan bahwa, negara ini merupakan salah satu pemilik bakau terbesar di dunia. “Tidak mudah memetakan bakau di seluruh Indonesia namun dengan data penginderaan jauh, distribusi tanaman ini dapat terus diketahui,” ujarnya.

Mengingat fungsinya yang besar, Orbita menegaskan bahwa pemanfaatan data penginderaan jauh untuk sumber daya pesisir dan kelautan sangat penting guna mendukung visi presiden dalam memajukan kemaritiman nasional.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL